Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Umum Syariah(Studi Pada Bank Umum Syariah Indonesia dan Malaysia Periode 2015-2018)

Bayu, Satria (2020) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Umum Syariah(Studi Pada Bank Umum Syariah Indonesia dan Malaysia Periode 2015-2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
3. Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh - Bayu Satria.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Profitabilitas bank dapat diartikan sebagai suatu kemampuan bank menghasilkan laba dalam suatu periode tertentu. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas antara lain : Net Interest Margin (NIM), Equity to Total Asset (ETA), Loan to Total Asset (LTA), Non Interest Income (NII), Loan Loss Provision (LLP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas bank umum syariah pada bank umum syariah di Indonesia dan Malaysia periode tahun 2015-2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah yang terdaftar di Indonesia dan Malaysia pada periode tahun 2015-2018 dengan berbagai kriteria. Sample penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini meneliti sebanyak 22 bank umum syariah terdiri dari 8 bank umum syariah Indonesia dan 14 bank umum syariah Malaysia. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengujian Regresi Panel, Statistik Deskriptif, , Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji F. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa variabel NIM berpengaruh positif signifikan terhadap ROA, Variabel NII berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA, dan variabel ETA, LTA, LLP berpengaruh tidak signifikan terhadap ROA pada bank umum syariah Indonesia. Sementara itu pada bank umum syariah Malaysia variabel NIM dan NII berpengaruh positif signifikan terhadap ROA, Variabel LLP berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA, dan variabel ETA, LTA berpengaruh tidak signifikan terhadap ROA. Kata Kunci: Bank Umum Syariah, Profitabilitas, Net Interest Margin, Equity to Total Asset, Loan to Total Asset, Non Interest Income, Loan Loss Provision

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mohammad Fany Alfarisi SE, Ms. Fin
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 15 Jan 2020 11:01
Last Modified: 15 Jan 2020 11:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54869

Actions (login required)

View Item View Item