Alvin, Maulana (2020) Penerapan Komunikasi Pemasaran Pada Complaint Delay Di PT.Angkasa Pura II Bandara International Minangkabau. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (abstak dan cover)
watermark unand abstrak dan cover Alvin.pdf - Published Version Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
watermark unand Bab 1 TA Alvin.pdf - Published Version Download (433kB) | Preview |
|
|
Text (bab akhir)
watermark unand Bab akhir (PenutupKesimpulan) TA Alvin.pdf - Published Version Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
watermark unand Daftar Kepustakaan TA Alvin.pdf - Published Version Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (tugas akhir full teks)
Tugas akhir Alvin Maulana FIX 1600512026-dikonversi.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam dunia penerbangan Salah satu masalah yang sering timbul adalah masalah complaint delay. Pihak Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara International Minangkabau, menerapkan beberapa kebijakan untuk mengatasi atau mengurangi masalah tersebut. Kebijakan tersebut antara lain, Komunikasi pemasaran serta kebijakan pemulihan jasa yang diakibatkan oleh masalah delay tersebut. Dalam komunikasi pemasaran, pihak Angkasa Pura II Bandara International Minangkabau menerapkan tiga kebijakan, diantarannya, iklan, media sosial, dan yang terakhir hubungan masyarakat. Untuk iklan mereka menerapkannya dengan cara memberikan informasi delay melalui papan iklan LED di terminal bandara agar memudahkan penumpang mendapatkan informasi delay. Untuk media sosial mereka menerapkannya dengan cara memberikan informasi delay melalui website resmi mereka. Sedangkan untuk hubungan masyarakat mereka menjalin hubungan baik itu hubungan karyawan dengan karyawan, hubungan karyawan dengan atasan, hubungan dengan pihak Air Navigasi, hubungan dengan pihak BMKG, dan yang terakhir hubungan dengan para penumpang. Selain itu penumpang bisa melakukan complaint langsung ke pihak Angkasa Pura II dengan cara datang langsung ke pusat informasi bandara yang tersedia di setiap terminal yang ada di Bandara International Minangkabau. Sedangkan untuk penanganan delay pihak Angkasa Pura II melakukan service recovery (pemulihan jasa) setelah kegagalan jasa yang di berikan perusahaan. Penanganan yang diberikan berupa kompensasi ganti rugi sesuai lamannya waktu delay tersebut berlangsung. Hal ini dilakukan agar penumpang kembali percaya terhadap pelayanan yang di berikan oleh pihak Angkasa Pura II Bandara International Minangkabau.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Donard Games, SE, M.Bus, Ph.D |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran |
Depositing User: | d3 pemasaran ekonomi |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 16:23 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 16:23 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54845 |
Actions (login required)
View Item |