PERUBAHAN SOLIDARITAS MASYARAKAT PERDESAAN DALAM PENYELENGGARAAN PESTA PERKAWINAN (Studi Kasus di Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok )

Rahmiatil, Fitri (2019) PERUBAHAN SOLIDARITAS MASYARAKAT PERDESAAN DALAM PENYELENGGARAAN PESTA PERKAWINAN (Studi Kasus di Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok ). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas kaitan antara perubahan sosial dengan solidaritas sosial. Pembicaraan difokuskan pada bentuk perubahan solidaritas masyarakat perdesaan dalam penyelenggaraan pesta perkawinan. Berdasarkan studi di suatu nagari di Kabupaten Solok di Sumatera Barat. Penyelenggaraan pesta perkawinan yang telah berubah dari yang sebelumnya sepenuhnya diselenggarakan oleh anggota kerabat secara bergotong royong mulai dari menyiapkan sarana-prasarana sampai menghidangkan makanan-minuman, mendekorasi lokasi pesta beralih ke penggunaan jasa Pelaminan yang mengambil alih penyiapan sarana-prasarana pesta, serta rias pengantin. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan yang terjadi dalam pelaksanaan pesta perkawinan, 2). Mengidentifikasi konsekuensi-konsekuensi yang terjadi yang berhubungan dengan solidaritas masyarakat sebagai akibat dari perubahan pelaksanaan pesta perkawinan. Teori yang digunakan sebagai menganalisis permasalahan dalam penelitian ini adalah teori Solidaritas Sosial oleh Emile Durkheim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada tahapan-tahapan pelaksanaan pesta perkawinan diantaranya penggunaan jasa pelaminan, penggunaan catering, bartambahnya kegiatan mangolak, dan perubahan jumlah hari saat pesta, sehingga berdampak pada keikutsertaan masyarakat dalam membantu penyelenggaraan pesta perkawinan. Perubahan ini disambut gembira oleh masyarakat tersebut, tetapi kehadiran jasa Pelaminan telah mengurangi keterlibatan anggota masyarakat serta kerabat dalam persiapan dan penyelenggaraan pesta perkawinan dan ini kemudian mengganggu mekanisme keberlanjutan solidaritas sosial dalam kelompok masyarakat dan kekerabatan. Hal ini merupakan salah satu akibat dari perkembangan yang telah terjadi dalam bidang-bidang kehidupan masyarakat nagari Kampuang batu Dalam, yang mana pembagian kerja dalam masyarakat yang sudah terspesialisasi sehingga masyarakat tidak lagi memiliki kesamaan tujuan. Sebagai konsekuensinya masyarakat telah kehilangan peran dan kerjasama yang didasari oleh perasaan emosional, berkurangnya interaksi sosial antar masyarakat, munculnya sifat indivdual dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Elfitra,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pesta Perkawinan, Perubahan sosial, Solidaritas Sosial, Jasa Pelaminan, Mayaraka Perdesaan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 14 Jan 2020 12:53
Last Modified: 14 Jan 2020 12:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54798

Actions (login required)

View Item View Item