PELAKSANAAN JAMINAN PENANGGUNGAN UTANG OLEH PERUSAHAAN (CORPORATE GUARANTEE)TERHADAP UTANG DEBITUR DI PT. BANK DANAMONINDONESIA Tbk. CABANG PADANG

NEVINA, YULIANI (2019) PELAKSANAAN JAMINAN PENANGGUNGAN UTANG OLEH PERUSAHAAN (CORPORATE GUARANTEE)TERHADAP UTANG DEBITUR DI PT. BANK DANAMONINDONESIA Tbk. CABANG PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PELAKSANAAN JAMINAN PENANGGUNGAN UTANG OLEH PERUSAHAAN (CORPORATEGUARANTEE)TERHADAP UTANG DEBITUR DI PT. BANK DANAMON INDONESIA Tbk. CABANG PADANG (NEVINA YULIANI, 1720123092, Program Studi Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum, Universitas Andalas, 2019 ) ABSTRAK Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentukbentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Pemberian kredit kepada masyarakat berdasarkan analisis yang mendalam atas itikad dan kemampuan serta kesanggupan nasabah debitur untuk melunasi utangnya atau mengembalikan pembiayaan yang dimaksud sesuai yang diperjanjikan. Setiap debitur diwajibkan memberikan jaminan (collateral)dan bank harus melakukan penilaian terhadap watak, kemampuan, modal agunan dan prospek usaha dar idebitur. Jaminan yang diberikan oleh debitur dapat berupa jaminan fixed asset maupun non fixed asset, jaminan non fixed asset salah satunya berbentuk jaminan penanggungan utang oleh perusahaan (corporate guarantee). Jaminan ini lazim diberlakukan oleh Bank Umum Milik Negara maupun bank swasta seperti PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk. Pokok permasalahan yaitu bagaimana pelaksanaan pengikatan jaminan penanggungan utang oleh perusahaan (corporate guarantee)sebagai agunan kredit di PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk. Cabang Padang dan apakah jaminan penanggungan utang oleh perusahaan (corporate guarantee) dapat menjamin penyelesaian kredit bermasalah di PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk cabang Padang. Jenis penelitian yang digunakan yuridis empiris. Spesifikasi penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif analitis.Hasil penelitian menunjukkan walaupun dalam perjanjian akte pemberian jaminan perusahaan menyatakan bahwa penjamin menjamin semua utang debitur dan wajib membayar lunas setiap dan seluruh jumlah uang yang terutang oleh debitur kepada bank atas permintaan pertama dari bank tanpa diperlukan pembuktian tentang kelalaian debitur, akan tetapi penyelesaian kredit bermasalah dengan jaminan utang oleh perusahaan (corporate guarantee) di PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk cabang Padang belum pernah melakukan gugatan eksekusi jaminan perusahaan ke Pengadilan Negeri. Kesimpulannya corporate guarantee hanya bersifat moral obligation, dan sebagai jaminan tambahan untuk menambah keyakinan bank karena jaminan Utama sudah mencukupi sebagai jaminan plafond kredit yang diberikan kepada debitur.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Busyra Azheri,S.H,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 15 Jan 2020 15:20
Last Modified: 15 Jan 2020 15:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54795

Actions (login required)

View Item View Item