Penggunaan Berbagai Jenis MUlsa Organik Untuk Menekan Pertumbuhan Gulma dan Meningkatkan Hasil Tanaman Padi (Oryza sativa L.) Metode SRI (the System Of Rice Intensification)

Hanief, Firdaus (2019) Penggunaan Berbagai Jenis MUlsa Organik Untuk Menekan Pertumbuhan Gulma dan Meningkatkan Hasil Tanaman Padi (Oryza sativa L.) Metode SRI (the System Of Rice Intensification). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (1. Cover dan Abstrak)
1. Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4. BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (8. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (9. DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img] Text (1. SKRIPSI full)
1. SKRIPSI full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Padi merupakan tanaman pangan dan termasuk dalam tanaman pokok selain kedelai dan jagung. Dalam budidaya padi ada beberapa metode yang dapat diterapkan salah satunya SRI. SRI merupakan metode dimana kondisi lingkungan tanam yang macak-macak mempunyai keunggulan dalam menigkatkan hasil, namun kelemahan atau kendala yang ditemukan dalam budidaya padi metode SRI adalah tingginya pertumbuhan gulma sehingga persaingan dengan tanaman cukup tinggi. Tingginya pertumbuhan gulma dapat dikendalikan dengan penggunaan mulsa organik. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh berbagai jenis mulsa organik pada padi metode SRI dan mengetahui jenis mulsa organik terbaik dalam menekan pertumbuhan gulma dan meningkatkan hasil padi. Penelitian telah dilaksanakan pada lahan masyarakat di Lambung Bukit, Pauh, Padang dari bulan Oktober 2018 sampai Januari 2019. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan (tanpa mulsa, mulsa jerami padi, mulsa alang-alang, mulsa sekam padi, dan mulsa batang jagung) dan 4 ulangan. Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5 %. Uji lanjut yang digunakan adalah Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5 %. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan mulsa alang-alang dapat menekan pertumbuhan gulma dengan berat kering gulma terkecil 21.94 g. Hasil panen padi terbaik 7.66 ton ha-1 dari perlakuan mulsa alang-alang. Sedangkan hasil panen padi pada perlakuan tanpa mulsa yakni 4.58 ton ha-1. Kata kunci : Pangan, Padi, Mulsa organik, gulma, SRI

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 13 Jan 2020 15:54
Last Modified: 13 Jan 2020 15:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54702

Actions (login required)

View Item View Item