ASUHAN KEPERAWATAN An. R DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA REMAJA DAN MANAJEMEN LAYANAN KEMITRAAN LINTAS SEKTOR: PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG KENAKALAN REMAJA

Uci, Ramadhani Anwar (2019) ASUHAN KEPERAWATAN An. R DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA REMAJA DAN MANAJEMEN LAYANAN KEMITRAAN LINTAS SEKTOR: PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG KENAKALAN REMAJA. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I .pdf - Published Version

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA FULL UCI RAMADHANI ANWAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masa Remaja (Adolescence) ditandai adanya kecenderungan Identity- Identity Confusion. Seperti di Indonesia perilaku kenakalan remaja mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tujuan ilmiah ini adalah untuk memberikan stimulasi tumbuh kembang pada remaja dan melaksanakan kemitraan lintas sektor: penyuluhan kesehatan tentang kenakalan remaja di Kelurahan Parak Gadang Timur Kota Padang Tahun 2019. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 18 sampai 30 November 2019 dan manajemen pelayanan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2019. Hasil asuhan keperawatan yang telah dilakukan adalah remaja mengalami peningkatan perkembangan psikososial yaitu remaja mampu mengambil keputusan, dapat mengkomunikasikan ide-idenya dengan baik, meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan, mampu mengungkapkan emosional dengan baik, lebih menghormati orang yang lebih tua, menghargai teman sebaya, menyayangi yang lebih kecil, meningkatkan ibadahnya dan menyukai hal hal yang baru. Pada pelaksanaan manajemen layanan didapatkan hasil adanya peningkatan rata-rata pengetahuan sebelum (2.72) dan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang perkembangan psikososial (4.31), serta adanya peningkatan rata-rata sikap remaja sebelum (74.00) dan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang perkembangan psikososial (86.55). Berdasarkan uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pengetahuan remaja tentang perkembangan psikososial dengan nilai (P=0.000) dan adanya perbedaan yang signifikan antara sikap remaja tentang kenakalan pada remaja dengan nilai (P=0.000). Disarankan kepada perawat agar melakukan asuhan secara komprehensif dan berkelanjutan terhadap keluarga dengan anak remaja serta kelompok yang beresiko, dan saran bagi kader jiwa selalu berkoordinasi dengan perawat CMHN dalam pemantauan kondisi kesehatan masyarakat terutama pada usia remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Ns. Rika Sarfika, M.Kep
Uncontrolled Keywords: CMHN, Kenakalan Remaja, Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Jan 2020 12:38
Last Modified: 13 Jan 2020 12:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54578

Actions (login required)

View Item View Item