Modifikasi Permukaan Kaca melalui Pendekatan Superhidrofobik Menggunakan TiO2/Oktadesiltriklorosilan untuk Aplikasi Material Self Cleaning

Nurul, Pratiwi (2019) Modifikasi Permukaan Kaca melalui Pendekatan Superhidrofobik Menggunakan TiO2/Oktadesiltriklorosilan untuk Aplikasi Material Self Cleaning. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Tesis NurulPratiwi-Cover-Abstract.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Tesis NurulPratiwi-BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
Tesis NurulPratiwi-BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Tesis NurulPratiwi-Dapus.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Thesis full text)
Tesis NurulPratiwi-full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Material sintetik dengan permukaan superhidrofobik telah menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir karena penerapan potensialnya sebagai material self cleaning. Kombinasi dari topografi dan lapisan hidrofobik yang terdapat pada permukaan daun lotus, telah diadaptasi untuk dapat menerapkan permukaan superhidrofobik pada berbagai macam substrat. Namun, untuk dapat mencapai permukaan superhidrofobik yang transparan dan stabil khususnya pada material sintetik berbasis kaca, kerap kali dibutuhkan metode sintesis dan teknik pelapisan yang sulit dan mahal. Oleh sebab itu, tesis ini fokus pada pembuatan permukaan superhidrofobik pada substrat kaca dengan mengkombinasikan lapisan nanostruktur dari senyawa anorganik dan lapisan hidrofobik dari senyawa silan, melalui metode sintesis kimia basah yang lebih sederhana dan ekonomis. Material self cleaning dengan permukaan superhidrofobik yang transparan telah berhasil dibuat melalui modifikasi lapisan TiO2 dan oktadesiltriklorosilan (ODTS) pada substrat kaca. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa lapisan TiO2 yang disintesis melalui metode perokso sol-gel, dengan kondisi dan ketebalan yang sesuai diatas permukaan kaca yang bersifat hidrofilik, mampu meningkatkan kekasaran permukaan dan transparansi lapisan. Sementara itu, lapisan ODTS dengan konsentrasi 2% (v/v) mampu menurunkan energi permukaan substrat terlapis TiO2 tersebut hingga menghasilkan kaca superhidrofobik yang memiliki nilai sudut kontak 158 ± 2o dan sudut geser 4 ± 1o. Kaca superhidrofobik hasil modifikasi juga menunjukkan stabilitas serta sifat self cleaning yang lebih baik jika dibandingkan dengan substrat kaca tanpa modifikasi, sehingga diyakini mampu menjadi material self cleaning yang cukup menjanjikan baik dalam bidang industri maupun ilmiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Diana Vanda Wellia
Uncontrolled Keywords: Pelapisan, self cleaning, superhidrofobik, transparan, TiO2
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kimia kimia
Date Deposited: 10 Jan 2020 15:50
Last Modified: 10 Jan 2020 15:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54443

Actions (login required)

View Item View Item