PENGARUH JENIS PUPUK TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK, PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR SECARA IN-VITRO PADA TANAMAN TITONIA (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN TERNAK RUMINANSIA

SUCI, MELISYA PUTRI (2019) PENGARUH JENIS PUPUK TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK, PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR SECARA IN-VITRO PADA TANAMAN TITONIA (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN TERNAK RUMINANSIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER1, COVER 2, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I..pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh jenis pupuk terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik, protein kasar dan serat kasar secara in-vitro pada tanaman titonia (Tithonia diversifolia) sebagai pakan ternak ruminansia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 kelompok sebagai ulangan. Perlakuan disusun sebagai berikut: P0 (tanaman titonia tanpa pupuk), P1 ( tanaman titonia dengan pupuk kandang sapi), P2 (tanaman titonia dengan pupuk NPK Mutiara), dan P3 (tanaman titonia dengan kombinasi pupuk kandang sapi + pupuk NPK Mutiara). Parameter yang diamati adalah kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik, kecernaan protein kasar dan kecernaan serat kasar. Data ini diolah menggunakan analisis keragaman dan perbedaan antar perlakuan diuji dengan Duncan multiple range test (DMRT). Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa penggunaan pupuk NPK Mutiara berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar titonia, tetapi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kecernaan serat kasar tanaman titonia. Kecernaan yang terbaik didapat pada penelitian ini adalah kecernaan pada perlakuan P2 (tanaman titonia dengan pupuk NPK Mutiara) dengan nilai kecernaan bahan kering 50,16%, kecernaan bahan organik 52,76%, kecernaan protein kasar 48,37%, dan kecernaan serat kasar 66,06%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian pupuk NPK Mutiara menghasilkan kecernaan bahan kering, bahan organik, protein kasar dan serat kasar yang terbaik pada tanaman titonia. Kata kunci : Pupuk, Tithonia diversifolia, Kecernaan in-vitro, NPK Mutiara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M. Sc
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 13 Jan 2020 11:38
Last Modified: 13 Jan 2020 11:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54392

Actions (login required)

View Item View Item