“Proses Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Studi Kasus di Nagari Pasia Laweh Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar”

Hanom, Dwi Kurnia (2019) “Proses Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Studi Kasus di Nagari Pasia Laweh Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
3. bab 5 penutup.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi hanom full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) di Nagari Pasia Laweh Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor.114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan data sekunder berupa dokumen terkait. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tahap proses penyusunan RPJMDes Nagari Pasia Laweh secara data telah terlaksana sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 114 Tahun 2014. Mulai dari membentuk Tim Penyusun RPJMDes, penyelarasan arah kebijakan perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota, pengkajian keadaan desa, penyusunan rencana pembangunan desa melalui musyawarah desa, penyusunan rencana RPJMDes, penyusunan rencana pembangunan desa melalui musyawarah rencana pembangunan desa, penetapan dan perubahan RPJMDes. Untuk partisipasi masyarakat dalam penyusunan RPJMDes sendiri sudah bagus karena masyarakat diberikan kesempatan untuk berpartisipasi. Akan tetapi terdapat beberapa usulan program dari masyarakat yang tidak diserap dalam RPJMDes sebagai akibat dari keterbasan wewenang masyarakat. Kata Kunci: proses penyusunan RPJMDes

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Suhairi, SE, M.Si, Ak, CA
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 09 Jan 2020 17:58
Last Modified: 09 Jan 2020 17:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54352

Actions (login required)

View Item View Item