Pengaruh Jenis Pupuk Terhadap Karakteristik Cairan Rumen (pH, VFA dan NH3) Secara In vitro Pada Tanaman Titonia (Tithonia diversifolia) Sebagai Pakan Ternak Ruminansia

Desmila, Nurmala Sari (2019) Pengaruh Jenis Pupuk Terhadap Karakteristik Cairan Rumen (pH, VFA dan NH3) Secara In vitro Pada Tanaman Titonia (Tithonia diversifolia) Sebagai Pakan Ternak Ruminansia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak(1).pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
bab 5.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (Autosaved).pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis pupuk terhadap karakteristik cairan rumen (pH, VFA dan NH3) secara in-vitro. Penelitian ini menggunakanmetode Rancangan Acak Kelompk (RAK) dengan 4 perlakuan dan empat ulangan, perlakuan terdiri dari P0 (sampel titonia tanpa pemberian pupuk), perlakuan P1( sampel titonia dengan pupuk kandang), perlakuan P2 (sampel titonia dengan pupuk NPK mutiara) dan perlakuan P3(sampel titonia pupuk kandang + NPK mutiara). Parameter yang diukur adalah karakteristik cairan rumen (pH, VFA dan NH3). Analisis data yang digunakan sidik ragam sedangkan untuk melihat perbedaan disetiap perlakuan menggunakan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan sampel titonia dengan pupuk NPK mutiara memberikan pengaruh yang berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap pH dan VFA, akan tetapisampel titonia dengan pupuk NPK mutiaramemberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap NH3.Hasil yang terbaik terdapat pada perlakuan P2 (sampel titonia dengan pupuk NPK mutiara ) nilai pH 7.00, rataan konsentrasi NH3 18.28 mg/100ml dan 113.25 mM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sampel titonia dengan pupuk NPK mutiara dapat menjaga kestabilan pH,VFA dan memberikan pengaruh terbaik terhadap karakteristik cairan rumen (NH3). Kata Kunci : titonia, pupuk dan karakteristik cairan rumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.Ir.H. Novirman Jamarun, M.Sc
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 13 Jan 2020 11:34
Last Modified: 13 Jan 2020 11:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54329

Actions (login required)

View Item View Item