Hubungan Jenis Kelamin dan Riwayat Merokok dengan Jenis Sel Kanker Paru pada Pasien Kanker Paru yang Dirawat di Bangsal Paru RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017-2018

Fitriani, Afifah (2019) Hubungan Jenis Kelamin dan Riwayat Merokok dengan Jenis Sel Kanker Paru pada Pasien Kanker Paru yang Dirawat di Bangsal Paru RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017-2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7)
bab 7 penutup.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
full text skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kanker paru adalah tumor ganas yang berasal dari epitel bronkus. Berdasarkan data Cancer Country Profiles tahun 2014 di Indonesia, kasus kanker paru lebih banyak ditemukan pada laki-laki. Hal ini disebabkan kebiasaan merokok pada laki-laki jauh lebih tinggi dibandingkan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jenis kelamin dan riwayat merokok dengan jenis sel kanker paru pada pasien kanker paru yang dirawat di bangsal paru RSUP Dr. M. Djamil Padang periode 1 Januari 2017- 31 Desember 2018. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan retrospective pada pasien yang telah didiagnosis kanker paru dan dirawat di bangsal paru RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2017-2018 berdasarkan data rekam medik. Analisis data menggunakan uji Chi-square. Total sampel penelitian 134 orang. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara jenis kelamin dengan jenis sel kanker paru (nilai p = 0,288). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara riwayat merokok dengan jenis sel kanker paru (nilai p = 0,601). Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara jenis kelamin dan riwayat merokok dengan jenis sel kanker paru pada pasien kanker paru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Yessy Susanty Sabri, SpP(K), FISR
Uncontrolled Keywords: Kanker paru, jenis sel, jenis kelamin, riwayat merokok
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 07 Jan 2020 15:28
Last Modified: 07 Jan 2020 15:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54203

Actions (login required)

View Item View Item