FAKTOR - FAKTOR DEMOGRAFI GURU YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI EKONOMI DI SMA NEGERI KOTA PARIAMAN

MARLOLY, MARLOLY (2008) FAKTOR - FAKTOR DEMOGRAFI GURU YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI EKONOMI DI SMA NEGERI KOTA PARIAMAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (TESIS)
2008_06206058_S2SKRIP0321.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar yang dicapai oleh siswa SMA Negeri di Kota Pariaman khususnya untuk pelajaran ekonomi tergolong pada hasil yang kurang baik Faktor penyebab rendahnya nilai siswa ini tidak saja berasal dari intern siswa itu sendiri namun mungkin juga disebabkan oleh faktor ektem dari siswa tersebut. Dan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor ekstern dari siswa yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam pelajaran ekonomi ini Penelitian ini dilakukan di semua SMA Negeri yang ada di Kota Pariaman, dengan sampel, khusus kepada semua guru ekonomi yang mengajar di kelas X, XI dan XII. Yang merupakan populasi dalam penelitian ini adalah semua guru ekonomi yang mengajar di SMA Negeri Kota Pariaman, dimana semua guru tersebut juga menjadi sampel dalam penelitian ini (Total Sampling/ Metode Sensus). Variabel yang akan diteliti yaitu tingkat umur guru, tingkat sosial (pendidikan guru), tingkat pendapatan guru dan pengalaman mengajar guru sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa (variabel terikat) yang diperoleh dari nilai rapor semester untuk pelajaran ekonomi tahun pelajaran 2006/2007. Berdasarkan hasil temuan empiris penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel yang diteliti mempunyai pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi. Dimana faktor yang paling dominan pengaruhnya dengan urutan Pengalaman mengajar guru, tingkat umur guru, tingkat sosial guru (pendidikan) serta tingkat ekonomi guru. Variabel dalam penelitian ini hanyalah sebagian dari faktor eksternal yang berada di luar diri siswa, banyak hal lain lagi yang dapat menyebabkan tinggi atau rendahnya prestasi siswa ini seperti dari faktor keluarga dan lingkungan sekitar siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan ini diharapkan pihak terkait terutama orangtua bersama-sama dengan pihak sekolah untuk lebih memperhatikan anak didik kita agar tujuan menciptakan manusia yang berkualitas dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 30 Dec 2019 09:11
Last Modified: 30 Dec 2019 09:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54080

Actions (login required)

View Item View Item