HUBUNGAN SUMBER INFORMASI DAN SOSIAL BUDAYA DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI MEASLES RUBELLA (MR) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG

Dyan, Permata Rachim (2019) HUBUNGAN SUMBER INFORMASI DAN SOSIAL BUDAYA DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI MEASLES RUBELLA (MR) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dan Tujuan Penelitian Imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap antigen (virus campak dan Rubella), sehingga bila kelak terpajan pada antigen yang serupa tersebut, tidak terjadi penyakit infeksi campak dan Rubella.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sumber informasi dan sosial budaya dengan pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) pada anak usia 9 bulan sampai dengan 5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Metode Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang dari bulan September 2019 sampaibulan Oktober 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 9 bulan sampai dengan 5 tahun sebanyak 97 orang. Ibu sebagai responden diwawancarai secara langsung dengan menggunakan kuesioner.Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis chi-square (p<0,01). Hasil Hasil penelitian menunjukkan persentase ibu yang melakukan pemberian Measles Rubella(MR) di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang adalah sebesar 59,8% sedangkan persentase ibu yang tidak memberikan imunisasi MR sebesar 40,2%.Mayoritas responden mendapatkan sumber informasi kategori baik (29%) dan sosial budaya yang baik dan kurang baik (43%). Ada hubungan antara sumber informasi (p = 0,027) dan sosial budaya (p = 0,001), dengan pemberian imunisasiMeasles Rubella (MR) di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Kesimpulan Dari hasil penelitian didapatkan bahwa semakin baik sumber informasi yang diperoleh ibu maka semakin tinggi tingkat keikutsertaan ibu dalam pemberian imunisasi Measles Rubellapada anak.Keikutsertaan pemberian imunisasi MR ini jugatergantung pada keterpaparan sosial budaya ibu yang negatif maupun positif serta dari persepsi ibu dalam pemahaman sosial budaya itu sendiri.Diharapkan ibuagar melakukan pemberian imunisasi Measles Rubella(MR) dengan memperhatikan sumber informasi dan sosial budaya sehingga dapat mencegahpenyakit campak dan Rubella. Daftar Pustaka : 62 (2009-2019) Kata Kunci:Measles Rubella (MR), sumber informasi, sosial budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Aldina Ayunda Insani, Bd., M.Keb
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 31 Dec 2019 14:42
Last Modified: 31 Dec 2019 14:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54060

Actions (login required)

View Item View Item