PENGARUH PEMELIHARAAN ITIK SIKUMBANG JANTI PADA TINGKATAN SUHU KANDANG YANG BERBEDA TERHADAP JUMLAH LEUKOSIT DAN DIFERENSIAL LEUKOSIT

Aldina, Aldina (2019) PENGARUH PEMELIHARAAN ITIK SIKUMBANG JANTI PADA TINGKATAN SUHU KANDANG YANG BERBEDA TERHADAP JUMLAH LEUKOSIT DAN DIFERENSIAL LEUKOSIT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH PEMELIHARAAN ITIK SIKUMBANG JANTI PADA TINGKATAN SUHU KANDANG YANG BERBEDA TERHADAP JUMLAH LEUKOSIT DAN DIFERENSIAL LEUKOSIT Aldina, dibawah bimbingan Ir. H. Rijal Zein, MS dan Dr. Drh. Yulia Yellita, MP Bagian Ilmu dan Teknologi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan suhu kandang terhadap jumlah leukosit, diferensial leukosit dan rasio heterofil/limfosit itik Sikumbang janti. Penelitian menggunakan 54 ekor itik Sikumbang janti jantan berumur 5 minggu yang diseleksi dari 66 ekor itik. Itik ini diperoleh dari peternak daerah Payobasung, Payakumbuh Timur, kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 6 ulangan yang masing-masing ulangan terdiri dari 3 ekor itik Sikumbang janti yang ditempatkan pada kandang box berukuran (P x L x T) 70 x 70 x 60 cm3. Perlakuan yang digunakan adalah pengaturan suhu kandang yang dibagi atas tiga tingkatan suhu, yaitu : A (suhu 22,5 – 23,8oC), B (suhu 28,23 – 29oC) dan C (suhu 34,23 – 35oC). Variabel yang diukur adalah jumlah leukosit dan diferensial leukosit (heterofil, eosinofil, basofil, limfosit dan monosit) serta rasio heterofil/limfosit darah itik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan suhu kandang memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap jumlah leukosit, namun tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap diferensial leukosit dan rasio heterofil/limfosit itik Sikumbang janti. Kata Kunci: Itik Sikumbang Janti, Leukosit, Diferensial Leukosit, Rasio Heterofil/Limfosit, Suhu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. H. Rijal Zein, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 08 Jan 2020 11:10
Last Modified: 08 Jan 2020 11:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54036

Actions (login required)

View Item View Item