penggunaan beberapa jenis ransum komersil dan non komersil terhadap laju prtumbuhan dan organ pencernaan entok( cairina moschata)

Nurmaya, lisa (2019) penggunaan beberapa jenis ransum komersil dan non komersil terhadap laju prtumbuhan dan organ pencernaan entok( cairina moschata). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
2. bab 1 pdf.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
3. bab akhir pdf.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. daftar pustaka pdf.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img] Text (skripsi full teks)
5. full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian beberapa jenis ransum komersil dan non komersil terhadap laju pertumbuhan dan organ pencernaan entok (Cairina moschata). Penelitian ini menggunakan 100 ekor DOD entok jantan. Jenis kandang yang digunakan adalah kandang berbentuk kotak (box) dengan ukuran 60 x 75 x 50 cm2 per unit sebanyak 20 unit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 5 kelompok. Ransum perlakuan yang diberikan adalah ransum BR1 – BR2 dengan kode A, ransum B511 – B512 dengan kode B, konsentrat yang ditambah jagung dan dedak dengan kode C serta ransum yang diaduk sendiri dengan kode D. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah laju pertumbuhan dan organ pencernaan. Data analisis menggunakan analisis keragaman, dan dilanjutkan dengan uji DMRT. Hasil penelitian menunjukan penggunaan beberapa jenis ransum sangat berpengaruh (P<0,01) terhadap laju pertumbuhan dan organ pencernaan. Dari hasil penelitian C (konsentrat) menghasilkan laju pertumbuhan dan organ pencernaan lebih baik dibandingkan ransum lain. Berturut-turut laju pertumbuhan 0,323 gram/ekor/minggu dan organ pencernaan (tebal dan panjang usus halus; 0,272 dan 189,800 gram/cm, hati; 1,937 gram/100g BB dan ventrikulus; 2,883 gram/100g BB). KATA KUNCI : Entok, ransum komersil, non komersil, laju pertumbuhan, organ pencernaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Sabrina, MP
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 23 Dec 2019 12:55
Last Modified: 23 Dec 2019 12:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54028

Actions (login required)

View Item View Item