HUBUNGAN SUMBER-SUMBER KECEMASAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN ORANG TUA ANAK YANG DIRAWAT DIRUANGAN RAWAT INAP ANAK RSUD TELUK KU ANTAN RIAU TAHUN 2019

Maryani, Tita (2009) HUBUNGAN SUMBER-SUMBER KECEMASAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN ORANG TUA ANAK YANG DIRAWAT DIRUANGAN RAWAT INAP ANAK RSUD TELUK KU ANTAN RIAU TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
2009_07921045_021SKRIP064.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hospitalisasi pada pasien anak dapat memberikan dampak psikologis pada orang tua salah satunya adalah kecemasan yang akan menimbulkan perubahan prilaku, sehingga orang tua tidak dapat menjaga anaknya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sumber-sumber kecemasan orang tua dengan tingkat kecemasan pada orang tua anak yang dirawat di Ruangan Rawat Inap Anak RSUD Teluk Kuantan-Riau Tahun 2009. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif analitik dengan jumlah responden 42 orang yang diambil secara purposive sampling, instrumen penelitian adalah kuisioner. Pengolahan dan analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil univariat memperlihatkan hasil sebagian besar responden mengalami cemas sedang dan variabel keadaan anak, lingkungan dan kondisi perawatan, pengalaman orang tua dan dukungan keluarga merupakan sebagai sumber kecemasan, lama dirawat dan status ekonomi bukan merupakan sumber kecemasan. Hasil bivariat memperlihatkan hasil sumber-sumber kecemasan yang memiliki hubungan bermakna dengan tingkat kecemasan orang tua yaitu lingkungan dan kondisi perawatan, pengalaman orang tua dan dukungan keluarga, sumber kecemasan yang tidak memiliki hubungan yang bermakna adalah keadaan anak, lama dirawat, status ekonomi orang tua. Perlu kesiapan fisik maupun psikologis dari responden dalam menghadapi perawatan anak dirumah sakit serta pelayanan yang baik dari petugas kesehatan di rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Andi Saputra
Date Deposited: 18 Dec 2019 15:03
Last Modified: 18 Dec 2019 15:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53985

Actions (login required)

View Item View Item