OPTIMASI AKTIFITAS KATALITIK Co(II)-ASETONITRIL YANG DIAMOBILISASI PADA SILIKA MODIFIKASI DALAM REAKSI TRANSESTERIFIKASI

RAHMAT, FAUZAN (2012) OPTIMASI AKTIFITAS KATALITIK Co(II)-ASETONITRIL YANG DIAMOBILISASI PADA SILIKA MODIFIKASI DALAM REAKSI TRANSESTERIFIKASI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
2012_0810412035_12S03W0256.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Katalis memainkan peranan penting dalam berbagai proses industri karena memungkinkan reaksi berlangsung lebih cepat serta menurunkan energi aktifasi, salah satu aplikasinya adalah pada reaksi transesterifikasi untuk menghasilkan biodiesel. Pada penelitian ini telah dilakukan sintesis silika modifikasi, amobilisasi komplek kobal(Il)-asetonitrii pada material support silika modifikasi, dan penentuan kondisi optimum aktifitas katalitik amobilat (variasi konsentrasi katalis, kecepatan pengadukan dan lama pengadukan) dalam reaksi transesterifikasi. Analisis dengan FT-IR, Nano Laser Particle Size Analyzer (NL-PSA) dan AAS digunakan untuk menganalisis keberhasilan sintesis katalis, Analisis Spektra FT-IR menunjukkan keberhasilan sintesis silika modifikasi dan amobilisasi komplek Co(II)-Asetonitril pada silika modifikasi. Dari analisis Nano Laser Particle Size Analyzer, didapatkan ukuran partikel katalis Co(II)-Asetonitril lebih kecil jika dibandingkan dengan silika dan silika modifikasi dan dari analisis AAS, diketahui bahwa katalis terbentuk stabil karena persentase metal loading dan leachingnya berturut-turut adalah 4,01% dan 0,21 %. Produk biodiesel (metil ester) yang dihasilkan, dianalisis dengan GC-MS. Dari analisis GC-MS dengan dua parameter penentuan kondisi optimum (konsentrasi katalis, kecepatan pengadukan dan lama pengadukan) didapatkan kondisi optimum katalis adalah pada konsentrasi katalis 0,25%, kecepatan pengadukan 200 rpm dan lama pengadukan 5 jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 18 Dec 2019 12:36
Last Modified: 18 Dec 2019 12:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53978

Actions (login required)

View Item View Item