PEMBUATAN, KARAKTERISASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA SERTA ANTIOKSIDAN ASAP CAIR DARI CANGKANG SAWIT (Elaeis gueneensis jack)

IRMA, YANTI SIREGAR (2011) PEMBUATAN, KARAKTERISASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA SERTA ANTIOKSIDAN ASAP CAIR DARI CANGKANG SAWIT (Elaeis gueneensis jack). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
2011_07132045_12S03W0162.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pembuatan, karakterisasi, dan uji aktivitas antimikroba serta antioksidan asap cair dari cangkang sawit (Elaeis gueneensis jack), dilakukan dengan tujuan utama untuk memanfaatkan cangkang sawit dan melihat kualitas asap cair yang dihasilkan. Metoda yang digunakan untuk pembuatan asap cair ini adalah pirólisis sederhana. Berdasarkan karakterisasi asap cair dengan GC/MS diperoleh bahwa asap cair mengandung senyawa utama berupa asam karboksilat dan derivat fenol. Dari hasil pengujian antimikroba terhadap bakteri salmonella sp dan jamur Rhizopus sp diketahui bahwa asap cair cangkang sawit ini memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur. Selain itu asap cair cangkang sawit juga memiliki aktivitas antioksidan yang baik. Sedangkan dari hasil penentuan kandungan logam menggunakan AAS, asap cair ini mengandung mineral-mineral esensial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 18 Dec 2019 11:59
Last Modified: 18 Dec 2019 11:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53955

Actions (login required)

View Item View Item