Pengaruh Zikir Qalbu terhadap Skor DASS-21 (Depression Anxiety Stress Scale-21) pada Mahasiswa Tahun Ketiga Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Nadiaskara, Salma Nabilaputri (2019) Pengaruh Zikir Qalbu terhadap Skor DASS-21 (Depression Anxiety Stress Scale-21) pada Mahasiswa Tahun Ketiga Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover-Abstrak)
Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI-FULL-TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan dokter adalah jurusan yang paling diminati di Indonesia karena menjadi dokter dinilai dapat memiliki karir dan penghasilan yang cemerlang di masa depan, dan merupakan cita-cita sejak kecil ingin membantu orang lain. Pendidikan kedokteran selalu dikaitkan dengan lingkungan yang penuh stresor bagi mahasiswa. Mahasiswa tahun ketiga mengalami persaingan yang ketat dan masif disertai menurunnya dukungan dari teman-temannya. Stres yang berlebihan dapat berdampak pada penurunan rasa penghargaan diri sendiri, gangguan tidur, kesulitan memecahkan masalah, keinginan konsumsi alkohol dan obat-obatan, penurunan kepedulian dengan lingkungan, penurunan konsentrasi dan motivasi belajar, peningkatan ansietas, dan depresi. Tatalaksana depresi, ansietas, dan stres secara holistik, tidak lepas dari aspek spiritual. Dalam islam, diajarkan untuk zikir atau mengingat Allah untuk mencapai ketentraman hati. Kecemasan, kekhawatiran, dan kegelisahan, merupakan manifestasi dari qalbu yang lalai mengingat Allah. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada Oktober 2019. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh zikir qalbu terhadap skor DASS-21 mahasiswa tahun ketiga Profesi Dokter. Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest with control group. Kelompok perlakuan akan dilatih melakukan ventilasi dan zikir qalbu, sedangkan kelompok kontrol dilatih melakukan ventilasi saja selama 7 hari. Pengambilan subjek dengan teknik consecutive sampling dengan jumlah subjek 26 orang per kelompok. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara rerata skor DASS-21 kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (p=0,000), juga antara pretest dan posttest pada kelompok perlakuan (p=0,000). Kesimpulan penelitian ini adalah zikir qalbu terbukti berpengaruh menurunkan skor DASS-21 pada mahasiswa tahun ketiga Profesi Dokter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Etriyel, MYH, Sp.U
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 08 Jan 2020 11:50
Last Modified: 08 Jan 2020 11:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53900

Actions (login required)

View Item View Item