PENGAWASAN PASAR RAYA SOLOK SEBAGAI PASAR TERTIB UKUROLEH TIM RAZIA DAN TIM TERA/TERA ULANG ALAT UKUR, TAKAR, TIMBANG DAN PERLENGKAPANNYA (UTTP) PEMERINTAH KOTA SOLOK

Randa, Yuszally Akhmad (2017) PENGAWASAN PASAR RAYA SOLOK SEBAGAI PASAR TERTIB UKUROLEH TIM RAZIA DAN TIM TERA/TERA ULANG ALAT UKUR, TAKAR, TIMBANG DAN PERLENGKAPANNYA (UTTP) PEMERINTAH KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pengawasan Pasar Raya Solok dalam pengawasan terhadap alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya (Alat UTTP). Alat UTTP dapat ditemukan diberbagai tempat, terutama tempat-tempat terjadinya transaksi antara pelaku usaha dengan konsumen atau proses perdagangan. Pelaksanaan program ini bertujuan untuk penguatan pasar dalam negeri dan salah satu upaya yang bertujuan meningkatkan perlindungan kepada konsumen dan menjaga kualitas barang beredar dan jasa oleh Kementerian Perdagangan melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Solok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara itu, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Untuk pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori Tahap Tahap dalam Proses Pengawasan oleh T.Hani Handoko, yang mana Tahap Tahap dalam Proses Pengawasan dilihat dari 5 aspek yaitu penetapan standar, penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran pelaksanaan kegiatan, pembandingan pelaksanaan dengan standar dan analisa penyimpangan, dan pengambilan tindakan koreksi bila perlu . Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa dalam melakukan pengawasan Pasar Raya Solok sebagai Pasar Tertib Ukur yang dilakukan oleh Tim Razia dan Tim Tera/Tera Ulang Alat UTTP Pemerintah Kota Solok, maka dapat terlihat bahwa pelaksanaan kegiatan tim pengawas belum berjalan dengan maksimal karena masih ada beberapa proses pengawasan yang belum berjalan dengan baik. Suatu hasil dapat dikatakan maksimal apabila penetapan-penetapan tujuan dan target sudah tercapai. Selain itu juga pada saat melakukan pengawasan terdapat penyimpangan yang dilakukan oleh tim pengawas sehingga tidak tercapainya tujuan dengan baik. Kata kunci : Pengawasan, Tera/Tera Ulang Alat UTTP, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Solok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Malse Yulivestra, S.Sos, M.AP
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 18 Nov 2019 15:58
Last Modified: 18 Nov 2019 15:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53757

Actions (login required)

View Item View Item