Jenis dan Kepadatan Populasi Nematoda Parasit pada rizosfer tanaman kacang tanah di sentra produksi kacang tanah di sumatera barat

pela, guspita (2019) Jenis dan Kepadatan Populasi Nematoda Parasit pada rizosfer tanaman kacang tanah di sentra produksi kacang tanah di sumatera barat. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1.upload cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img] Text (bab 1)
2.upload bab 1.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img]
Preview
Text (bab 5)
3.upload bab 5.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4.upload dapus.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
upload full word okeeeeeeee.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nematoda parasit merupakan salah satu jenis hama penting yang menimbulkan kerugian besar pada tanaman kacang tanah. Jenis dan jumlah kepadatan nematoda dalam tanah perlu diketahui untuk mengantisipasi terjadinya ledakan populasi yang akan menyebabkan kerusakan pada tanaman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis nematoda dan kepadatan populasi nematoda parasit pada tanaman kacang tanah di Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel tanah diambil di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar. Masing-masing kabupaten dipilih satu nagari dan tiap nagari diambil dua jorong. Tiap jorong dipilih dua lahan untuk pengambilan sampel tanah. Hasil penelitian menunjukkan di sentra produksi kacang tanah Sumatera Barat ditemukan lima jenis nematoda parasit pada rizosfer tanaman kacang tanah, yaitu Ditylenchus sp., Paratylenchus sp., Aphelenchoides sp., Helicotylenchus sp., dan Xiphinema sp. Kepadatan populasi nematoda rata-rata di sentra produksi kacang tanah Sumatera Barat yaitu 0,280 individu/cm3. Kata kunci : nematoda parasit, rizosfer, kacang tanah, kepadatan populasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Ir. Winarto, M.S
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 08 Nov 2019 15:37
Last Modified: 08 Nov 2019 15:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53693

Actions (login required)

View Item View Item