PENENTUAN KANDUNGAN ANTIOKSIDAN TOTAL, TPC DAN TFC PADA REBUSAN DAUN MANGGA (Mangifera indica L.), DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DAN DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava L.)

Putri, Wulandari (2019) PENENTUAN KANDUNGAN ANTIOKSIDAN TOTAL, TPC DAN TFC PADA REBUSAN DAUN MANGGA (Mangifera indica L.), DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DAN DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img] Text (full skripsi)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)

Abstract

Daun mangga (Mangifera indica L.), daun sirsak (Annona muricata L.) dan daun jambu biji (Psidium guajava L.) merupakan tanaman di Indonesia yang dimanfaatkan masyarakat secara tradisional sebagai obat. Daun tersebut diekstraksi dengan cara direbus sehingga sangat mudah digunakan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kandungan antioksidan total, TPC (Total Phenolic Content) dan TFC (Total Flavonoid Content) dalam rebusan sampel dan untuk menentukan korelasi antara kandungan antioksidan total dengan TPC dan TFC. Penentuan kandungan antioksidan dilakukan dengan metode MPM (Modified Phenantroline Method). Berdasarkan hasil penelitian, kandungan antioksidan total dari sampel daun mangga, daun sirsak dan daun jambu biji berturut-turut (0,546; 0,377 ; 1,176) mmol Fe/g DW, TPC berturut-turut (37,09 ; 26,99 ; 74,62) mg GAE/g DW, TFC dari sampel berturut-turut (27,85 ; 113,01 ; 57,49) mg QE/g DW. Berdasarkan penelitian menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara kandungan antioksidan total dengan TPC didalam sampel, dimana kandungan antioksidan total berbanding lurus dengan TPC dengan nilai r = 0,9999 sedangkan untuk TFC tidak memiliki korelasi dengan kandungan antioksidan total dari sampel dengan nilai r = 0,3630. Kata kunci: Kandungan Antioksidan Total, TPC, TFC, MPM

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yefrida
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 05 Nov 2019 09:16
Last Modified: 05 Nov 2019 09:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53647

Actions (login required)

View Item View Item