FENOLOGI BUNGA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) VARIETAS DUMPY DAN SIMALUNGUN DI PERKEBUNAN RAKYAT NAGARI GUNUNG SELASIH KABUPATEN DHARMASRAYA

MUHAMAD, ROHIM (2019) FENOLOGI BUNGA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) VARIETAS DUMPY DAN SIMALUNGUN DI PERKEBUNAN RAKYAT NAGARI GUNUNG SELASIH KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Studi tentang fenologi bunga sangat diperlukan bagi peneliti yang bergerak di bidang pemuliaan tanaman terutama dalam perakitan varietas unggul. Informasi tentang tahapan fase-fase perkembangan bunga kelapa sawit yang umum dibudidayakan petani di lokasi perkebunan rakyat belum banyak tersedia. Permasalahan yang sering dihadapi pada usaha budidaya kelapa sawit seperti produktivitas dan mutu produksi yang rendah, oleh karena itu untuk mendapatkan varietas unggul dengan produktivitas yang tinggi dapat dilakukan tindakan hibridisasi. Dalam melakukan proses hibridisasi akan lebih mudah jika informasi tentang pembungaan kelapa sawit yang akan disilangkan tersedia sehingga dapat digunakan sebagai bahan dasar perbaikan genetik tanaman. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari - April 2019 di Perkebunan Rakyat Nagari Gunung Selasih dengan tujuan mengetahui bagaimana fenologi pembungaan tanaman kelapa sawit varietas Dumpy dan Simalungun. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan penyajian data secara deskriptif untuk membuat gambaran secara sistematis tentang tahapan-tahapan perkembangan bunga kelapa sawit dengan penggambilan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata waktu yang dibutuhkan varietas DxP Dumpy untuk bunga jantan dari fase pertumbuhan seludang sampai seludang luar pecah 42 hari dan bunga betina 41 hari, dari seludang luar pecah sampai seludang dalam pecah untuk bunga jantan 15 hari dan bunga betina 15 hari, dari seludang dalam pecah sampai mekar sempurna untuk bunga jantan 14 hari dan bunga betina 12 hari, kemudian waktu yang dibutuhkan untuk bunga jantan dari mekar sempurna sampai bunga jantan mati adalah 4 hari dan bunga betina mekar sempurna sampai bunga terserbuki sempurna membutuhkan waktu 4 hari. Rata-rata waktu yang dibutuhkan varietas DxP Simalungun untuk bunga jantan dari fase pertumbuhan seludang sampai seludang luar pecah 36 hari dan bunga betina 39 hari, dari seludang luar pecah sampai seludang dalam pecah untuk bunga jantan 17 hari dan bunga betina 19 hari, dari seludang dalam pecah sampai mekar sempurna untuk bunga jantan 16 hari dan bunga betina 22 hari, kemudian waktu yang dibutuhkan untuk bunga jantan dari mekar sempurna sampai bunga jantan mati adalah 4 hari dan bunga betina mekar sempurna sampai bunga terserbuki sempurna membutuhkan waktu 4 hari. Total lama pembungaan varietas DxP Dumpy untuk bunga jantan rata-rata 75 hari sedangkan untuk bunga betina rata-rata 72 hari dan lama pembungaan varietas DxP Simalungun untuk bunga jantan rata-rata 72 hari sedangkan untuk bunga betina rata-rata 83 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni,MP
Uncontrolled Keywords: Bunga Kelapa Sawit, Fenologi, Perkebunan Rakyat, Varietas DxP Dumpy, Varietas DxP Simalungun
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 05 Nov 2019 09:15
Last Modified: 05 Nov 2019 09:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53643

Actions (login required)

View Item View Item