UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA BERUPA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI WILAYAH HUKUM POLRES PESISIR SELATAN

Gusti, Randa Dwi Oktari (2019) UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA BERUPA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI WILAYAH HUKUM POLRES PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I-dikonversi.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab IV)
BAB IV-dikonversi.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI FULL II 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

Perubahan sosial yang demikian cepat, menyebabkan pengaruh orang tua, sekolah, dan agama menjadi tertinggal. Kenakalan anak dan remaja sudah canggih dan sulit dikontrol. Kenakalan remaja adalah tindak perbuatan sebagian para remaja yang bertentangan dengan hukum, agama, dan norma-norma masyarakat, yang merugikan orang lain, ketentraman umum dan dirinya sendiri. Pengaruh sosial dan kultural memainkan peranan yang besar dalam pembentukan atau pengkondisian tingkah-laku remaja.mMayoritas juvenile delinquency berusia di bawah 21 tahun. Perilaku kenakalan remaja menjadi salah satu penyebab maraknya penggunaan narkoba di kalangan generasi muda. Penggunaan narkotika di kalangan remaja dinilai memprihatinkan. Permasalahan narkoba di Indonesia bukan lagi dipandang sebagai kejahatan biasa melainkan sebuah kejahatan luar biasa. Organisasi kepolisian sebagai satu-satunya organisasi yang berhadapan langsung dengan kejahatan dalam masyarakat. Tugas dan wewenang polisi berkewajiban menegakkan hukum demi terciptanya keamanan dan ketentraman dalam masyarakat. Dalam kasus penyalahgunaan narkotika, Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, menjadi dorongan bagi kepolisian untuknmelakukan penegakan hukum atas permasalahan narkotika. Penulis mengangkat topik dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimanakah upaya kepolisian dalam menanggulangi kenakalan remaja berupa penyalahgunaan narkotika di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan? Dan Apakah kendala-kendala yang ditemui dari upaya kepolisian dalam menanggulangi kenakalan remaja berupa penyalahgunaan narkotika di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan?. Dalam penulisan skripsi ini digunakan metode yuridis-sosiologis, pengumpulan data primer yang dilakukan di lapangan, dengan melakukan wawancara langsung kepada Satresnarkoba Polres Pesisir Selatan. Data sekunder diperoleh dari data kepustakaan. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: upaya yang dilakukan kepolisisan dalam menanggulangi kenakalan remaja berupa penyalahgunaan narkotika di wilayah hukum polres pesisir selatan oleh satresnarkoba polres pesisir selatan dengan melalui upaya preventif dan upaya represif. Kendala-kendala yang ditemui Kepolisian adalah Jarak tempuh dan durasi waktu yang kurang mendukung serta masih sangat kurangnya kerjasama masyarakat dalam membantu pihak kepolisian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aria Zurnetti, S.H., M.H.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 31 Oct 2019 12:30
Last Modified: 31 Oct 2019 12:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53528

Actions (login required)

View Item View Item