Inokulasi FMA Indigenous dan Aplikasi Desmodium heterophyllum Dalam Upaya Revegetasi Lahan Bekas Tambang Batu Kapur Dengan Menggunakan Tanaman Lokal Andalas (Morus macroura Miq.)

Reini, Reini (2019) Inokulasi FMA Indigenous dan Aplikasi Desmodium heterophyllum Dalam Upaya Revegetasi Lahan Bekas Tambang Batu Kapur Dengan Menggunakan Tanaman Lokal Andalas (Morus macroura Miq.). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img] Text (Full Tex)
Reini_1720422005_Tesis_Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang Inokulasi FMA Indigenous dan Aplikasi Desmodium heterophyllum Dalam Upaya Revegetasi Lahan Bekas Tambang Batu Kapur Dengan Menggunakan Tanaman Lokal Andalas (Morus macroura Miq.) telah dilakukan dari bulan Februari sampai Juni 2019 di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Rumah Kaca, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh inokulasi FMA indigenous dan aplikasi D. heterophyllum terhadap pertumbuhan Andalas pada lahan bekas tambang batu kapur dan kandungan kimia tanah pada lahan bekas tambang batu kapur sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan 2 faktor, faktor A (Jenis inokulan FMA indigenous) dan faktor B (Aplikasi D. heterophyllum). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inokulasi FMA indigenous dan aplikasi D. heterophyllum dapat meningkatkan pertumbuhan Andalas (M. macroura Miq.) yang ditanam di lahan bekas tambang batu kapur yang ditunjukkan dengan meningkatkannya pertambahan tinggi, diameter, jumlah dan luas daun, jumlah dan panjang akar, berat kering dan kadar klorofil b serta menghasilkan Indeks Mutu Bibit (IMB) yang lebih baik dengan nilai >100% dan memiliki derajat kolonisasi FMA dengan kategori sangat tinggi. Inokulasi FMA indigenous dan aplikasi D. heterophyllum juga mampu memperbaiki pH tanah bekas tambang batu kapur menjadi netral, meningkatkan KCl, KA dan nilai kandungan unsur P. Kata kunci : FMA indigenous, Tanaman Lokal, Revegetasi, Lahan Bekas Tambang.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. ZOZY ANELOI NOLI
Subjects: Q Science > QK Botany
Q Science > QP Physiology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 31 Oct 2019 10:17
Last Modified: 31 Oct 2019 10:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53520

Actions (login required)

View Item View Item