UPAYA SATUAN RESERSE KRIMINAL KEPOLISIAN RESOR KOTA PARIAMAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI KOTA PARIAMAN

Harimas, Putera Ramusli (2019) UPAYA SATUAN RESERSE KRIMINAL KEPOLISIAN RESOR KOTA PARIAMAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Bab 4 Penutup)
BAB IV Penutup.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kejahatan dalam kehidupan manusia merupakan gejala sosial yang akan selalu dihadapi oleh setiap manusia, masyarakat, dan bahkan negara. Bahkan disaat sekarang ini kejahatan tidak mengenal siapa korban.Jika diperhatikan didalam masyarakat banyak terjadi kasus-kasus yang dikategorikan kedalam tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua. Apalagi semakin majunya teknologi pada masa sekarang, maka cara orang berpikir semakin maju pula. Keadaan tersebut sangat berpengaruh terhadap cara orang melakukan kejahatan, sehingga perbuatan tersebut harus mendapatkan penanganan yang lebih serius. Salah satu contoh tindak pidana yang masih sering terjadi di Indonesia, adalah tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda duadi kota Pariaman. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu : 1. Bagaimana upaya satuan reskrim Polres kota Pariaman dalam penanggulangan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua di kota Pariaman ? 2.Apakah kendala yang dihadapi satuan reskrim Polres kota Pariaman dalam penanggulangan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua di kota pariaman ?. Metode yang dipakai oleh penulis yaitu dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu : 1. Upaya Satuan Reskrim Polres Kota Pariaman Dalam Penanggulangan Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Bermotor Roda Dua Di Kota Pariaman yaitu dengan cara Preventif dan Represif. 2.Kendala Yang Dihadapi Satuan Reskrim Polres Kota Pariaman Dalam Penanggulangan Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Bermotor Roda Dua Di Kota Pariaman yaitu : Kurangnya informasi yang didapat dari masyarakat, para pelaku tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua bergerak dengan sendiri-sendiri tidak berkelompok, kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk membantu mengungkap tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua, sulitnya mendapatkan barang bukti karna penadahan yang dilakukan oleh pelaku diluar kota, kurangnya dukungananggarandana karna untuk penanganan suatu kasus membutuhkan biaya. Kurangnya kepedulian masyarakat akan himbauan yang udah diberikan pihak Polres kota Pariaman, Sedikit masyarakat yang hadir dalam aksi penyuluhan, Kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum yang dilakukan oleh pihak Kepolisian Resor Kota Pariaman (Polres kota Pariaman).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. A Irzal Rias S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 30 Oct 2019 09:52
Last Modified: 30 Oct 2019 09:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53495

Actions (login required)

View Item View Item