Almi, Dhana (2019) TINDAK TUTUR DALAM VIDEO DUBBING TEK DES DI AKUN INSTAGRAM @MINANG.KOCAK (TINJAUAN PRAGMATIK). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (212kB) |
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version Download (193kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Ada tiga tahapan yang dilalui dalam penelitian, yaitu tahap penyediaan data, tahap analisis data, dan tahap penyajian hasil data. Pada tahap penyediaan data digunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap, dan diikuiti dengan teknik lanjutan yaitu teknik simak libat cakap, simak bebas libat cakap, dan catat. Pada tahap analisis data digunakan metode padan referensial, dan translasional. Pada penyajian hasil analisis data digunakan metode formal dan informal. Berdasarkan hasil analisis, bentuk tuturan yang terdapat pada video dubbing tek des dalam akun instagram @minang.kocak yaitu bentuk lokusi, ilokusi dan perlokusi. Peneliti menjelaskan mana saja tuturan yang termasuk bentuk tuturan lokusi, mana yang termasuk bentuk tuturan ilokusi dan mana bentuk tuturan perlokusi. Fungsi tuturan yang ditemukan dalam video dubbing tek des dalam akun instagram @minang.kocak ada 4 fungsi. Yaitu fungsi representatif, ekspersif, direktif dan komisif. Fungsi yang paling banyak ditemukan yaitu fungsi representatif dan ekspresif. Kata kunci : video, dubbing, instagram, bentuk, fungsi, tuturan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Rona Almos, S.S., M.Hum |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah |
Depositing User: | s1 sastra minang |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 14:48 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 14:48 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53490 |
Actions (login required)
View Item |