PENGARUH PEMBERIAN BUNGKIL INTI SAWIT FERMENTASI (BISF) DENGAN Bacillus subtilis DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA ITIK PEDAGING

Akhmad, Hanafi Nasution (2019) PENGARUH PEMBERIAN BUNGKIL INTI SAWIT FERMENTASI (BISF) DENGAN Bacillus subtilis DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA ITIK PEDAGING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (bab 5)
bab 5.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (daptar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh penggunaan bungkil inti sawit yang difermentasi dengan Bacillus subtilis dalam ransum terhadap performa itik pedaging. Penelitian ini menggunakan 100 ekor DOD itik persilangan Mojosari-alabio. Jenis kandang yang digunakan sebanyak 20 unit kandang box yang berukuran 80x80x60 cm dan setiap unit diisi 5 ekor itik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 pelakuan ransum dan 4 ulangan. Ransum perlakuan yang diberikan yaitu R1, R2, R3, R4 dan R5 berturut-turut menggunakan 0, 20, 25, 30 dan 35 % BISF. Ransum disusun dengan protein kasar 18% dan energi metabolisme 2700 kkal/kg. Parameter yang diukur adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa pemberian BISF dengan Bacillus subtilis dalam ransum memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian BISF dengan Bacillus subtilis hanya dapat digunakan sampai 30% dalam ransum itik dilihat dari konsumsi ransum 689,48 gram/ekor/minggu, pertambahan bobot badan 145,40 dan konversi ransum 4,75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Gita Ciptaan, MP
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : BIS, fermentasi,bacillus subtilis, performa, itik pedaging
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 29 Oct 2019 10:12
Last Modified: 29 Oct 2019 10:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53458

Actions (login required)

View Item View Item