PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG LIMBAH UDANG FERMENTASI (TeLUF) DENGAN WARETHA DALAM RANSUM AYAM BROILER TERHADAP PERFORMA PRODUKSI DAN INCOME OVER FEED COST

Erich, Fitrah (2019) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG LIMBAH UDANG FERMENTASI (TeLUF) DENGAN WARETHA DALAM RANSUM AYAM BROILER TERHADAP PERFORMA PRODUKSI DAN INCOME OVER FEED COST. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FUL TEXT 100%.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG LIMBAH UDANG FERMENTASI (TeLUF) DENGAN WARETHA DALAM RANSUM AYAM BROILER TERHADAP PERFORMA PRODUKSI DAN INCOME OVER FEED COST ERICH FITRAH, dibawah bimbingan Prof.Dr.Ir. Mirzah, MS dan Dr.Montesqrit S.Pt, M.Si Bagian Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Unversitas Andalas, Kampus II Payakumbuh, 2019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung limbah udang fermentasi (TeLUF) dengan Waretha dalam ransum terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum dan income over feed cost pada ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 80 ekor DOC strain Arbor Acres CP 707, limbah udang sebagai substratnya dan bakteri yang digunakan adalah Bacillus amyloliquefaciens (Waretha). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan dimana masing-masing perlakuan yaitu A (0% TeLUF), B (5% TeLUF), C (10% TeLUF), D (15% TeLUF) dan E (20% TeLUF). Peubah yang diamati yaitu konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum dan income over feed cost. Hasil analisis keragaman menunjukan bahwa penggunaan tepung limbah udang fermentasi dengan Waretha dalam ransum memberikan pengaruh yang berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pemberian tepung limbah udang fermentasi (TeLUF) menggunakan produk Waretha dapat digunakan sampai level 20% dalam ransum broiler dan memberikan pengaruh yang lebih rendah terhadap nilai IOFC. Pada kondisi ini diperoleh konsumsi ransum sebesar 2579,75 gram/ekor, pertambahan bobot badan sebesar 1052,81 gram/ekor, nilai konversi ransum sebesar 2,45 dan nilai IOFC Rp. 867,35,-. Kata Kunci : Limbah udang, fermentasi, Bacillus amyloliquefaciens, Waretha, performa broiler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir. Mirzah, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 29 Oct 2019 11:07
Last Modified: 29 Oct 2019 11:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53450

Actions (login required)

View Item View Item