Pengaruh Polisakarida dari Mikroalga Scenedesmus dimorphus sebagai Antioksidan untuk Mencegah Penuaan Dini pada Mencit Putih (Mus musculus)

Rusda, Selvia (2019) Pengaruh Polisakarida dari Mikroalga Scenedesmus dimorphus sebagai Antioksidan untuk Mencegah Penuaan Dini pada Mencit Putih (Mus musculus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COver & Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mikroalga Scenedesmus dimorphusmengandung senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan, sehingga dapat menangkal radikal bebas. Pada penelitian ini dilakukan penentuan aktivitas antioksidan dari polisakarida yang diekstraksi dari Scenedesmus dimorphusserta mengevaluasi aktivitas antioksidan enzimatis setelah pemberian polisakaridaScenedesmus dimorphusterhadap pencegahan penuaan dini pada mencit putih. Ekstrak polisakarida Scenedesmus dimorphusdilakukan pengujian terhadap aktivitas antioksidan in vitro dan antioksidan in vivo. Pada evaluasi antioksidan in vitro memberikan aktivitas antioksidan tertinggi pada konsentrasi 1,6 mg/mL dengan %aktivitas scavenging sebesar 84,84%. Sementara untuk %aktivitas scavenging terhadap radikal superoksida tertinggi pada konsentrasi 2,0 mg/mL sebesar 54,61%. Nilai aktivitas enzim SOD, katalase dan MDA tertinggi berturut-turut yaitu 21,89 U/mL, 11,94 Unit/mg, dan 2,39 nmol/mL pada pemberian ekstrak polisakarida S.dimorphus 0,8mg/g BB. Senyawa-senyawa sebagai antioksidan dapat membantu antioksidan enzimatis lebih bekerja efektif dalam mencegah kerusakan sel akibat reactive oxidatif species (ROS). Polisakarida dari mikroalga Scenedesmus dimorphusdapat digunakan sebagai agen antioksidan potensial dan berpotensi dalam menangkal radikal bebas untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Armaini, M.S
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 29 Oct 2019 09:10
Last Modified: 30 Oct 2019 14:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53439

Actions (login required)

View Item View Item