Analisis Posisi Tawar Petani Kelapa Sawit Dalam Penetapan Harga TBS (Tandan Buah Segar) Di Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan

Asih, Februningsih (2019) Analisis Posisi Tawar Petani Kelapa Sawit Dalam Penetapan Harga TBS (Tandan Buah Segar) Di Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik petani kelapa sawit yang ada di Nagari Sungai Kunyit dan menganalisis posisi tawar petani kelapa sawit dalam penetapan harga TBS (Tandan buah Segar) berdasarkan karakteristik petani kelapa sawit yang ada di Nagari Sungai Kunyit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan mengambil sampel petani sebanyak 62 orang dengan menggunakan metode cluster random sampling. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis chi square. Hasil uji chi square diperoleh nilai asymp. Sig dari karakterisktik usahatani dengan posisi tawar petni kelapa sawit di Nagari Sungai Kunyit. Karakteristik usahatani yang memilki hubungan dengan posisi tawar di antaranya luas lahan dengan nilai asymp. Sig 0,019, kemudian karakteristik usahatani lama berusahatani dengan nilai asymp. Sig 0,005, dan karakteritik usahatani pembeli TBS dengan nilai asymp. Sig 0,027. Ketiga karakteristik tersebut mempunyai hubungan yang signifikan dengan posisi tawar. Untuk 3 karakteristik lainnya yang tidak memilki hubungan dengan posisi tawar petani, dimana karakteristik tersebut memperolrh nilai asymp. Sig > dari 0,05. Diantaranya yaitu karakteristik usahatani jenis bibit dengan nilai asymp. Sig 0,163, kemudian karakteristik usahatani kredit/pinjaman dengan nilai asymp. Sig 0,207, dan karakteristik usahatani produksi TBS dengan nilai asymp. Sig 0,054. Jadi disimpulkan bahwa ketiga karakteristi tersebut tidak miliki hubungan terhadap posisi tawar petani kelapa sawit di Nagari Sungai Kunyit. Penetapan harga yang di lakukan oleh pembeli TBS dengan petani kelapa sawit dilakukan dengan kesepakatan kedua belah pihak. Saran yang bisa diberikan yaitu petani dapat melakukan kerjasama kemitraan langsung dengan perusahaan perkebunan/pedagang pengumpul sehingga ada regulasi yang jelas antara petani dengan perusahaan perkebunan/pedagang pengumpul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Faidil Tanjung, M.Si
Uncontrolled Keywords: karakteristik petani, posisi tawar
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 28 Oct 2019 17:17
Last Modified: 28 Oct 2019 17:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53424

Actions (login required)

View Item View Item