PENGARUH BANGSA TERHADAP PERSENTASE KARKAS, FLESHING INDEX DAN TEBAL LEMAK PUNGGUNG SAPI YANG DIPOTONG DI RUMAH POTONG HEWAN MODERN (RPHM) KOTA PAYAKUMBUH

vela, ramadhona (2019) PENGARUH BANGSA TERHADAP PERSENTASE KARKAS, FLESHING INDEX DAN TEBAL LEMAK PUNGGUNG SAPI YANG DIPOTONG DI RUMAH POTONG HEWAN MODERN (RPHM) KOTA PAYAKUMBUH. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover Dan Abstrak vela.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I vela.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (bab 5 penutup)
BAB Vvela.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA vela.pdf - Draft Version

Download (302kB)
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI FULL TEXT vela.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bangsa terhadap persentase karkas, fleshing index dan tebal lemak punggung sapi yang dipotong di Rumah Potong Hewan Modern (RPHM) Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan sapi Brahman Cross sebanyak 30 ekor dan sapi Persilangan Simmental sebanyak 30 ekor yang berumur 2 sampai 3,5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Peubah yang diukur adalah persentase karkas, fleshing index dan tebal lemak punggung. Data penelitian ini diolah menggunakan uji-T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bangsa terhadap fleshing index dan tebal lemak punggung, tetapi tidak berpengaruh terhadap persetase karkas. Sapi Persilangan Simmental memiliki fleshing index yang lebih tinggi, tetapi memiliki tebal lemak punggung yang lebih tipis dibandingkan dengan Brahman Cross. Kata Kunci : Brahman Cross, Persilangan Simmental, Persentase Karkas, Fleshing Index, Tebal Lemak Punggung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rusdimansyah, S.Pt., M.S
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 28 Oct 2019 15:54
Last Modified: 28 Oct 2019 15:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53364

Actions (login required)

View Item View Item