PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF DIGITAL BERBASIS WEB PADA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA BARAT

Siti, Rahzana Gusesya (2019) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF DIGITAL BERBASIS WEB PADA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (BAB 6 PENUTUP)
3. BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (FULL TA)
6. COVER TA WATERMARK-digabungkan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat adalah instansi pembina perpustakaan dan kearsipan di Sumatera Barat. Dalam mengelola arsip dinamis aktif dan arsip statis, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat sudah menggunakan sistem terkomputerisasi yang terintegrasi seIndonesia, tetapi pengelolaan arsip inaktif masih dilakukan secara manual. Arsip diberi identitas dan dicatat secara manual, kemudian disimpan di dalam boks. Dengan banyaknya arsip yang tersimpan, jika ada arsip yang sewaktu-waktu diperlukan membutuhkan waktu lama dalam mencarinya. Disisi lain, jika terjadi kejadian yang tidak terduga seperti bencana alam atau kebakaran, arsip-arsip tersebut akan hilang tanpa adanya salinan. Selain itu, arsip inaktif bisa dipinjam oleh internal Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat dan internal pencipta arsip beresiko hilang atau rusak selama peminjaman. Penggunaan kertas untuk mendata informasi peminjam arsip memiliki resiko kertas berceceran, rusak dan bahkan hilang. Pengelolaan arsip inaktif seperti ini kurang efektif dalam hal pencatatan, penyimpanan, pencarian dan pendataan peminjam arsip. Agar arsip inaktif dapat dikelola dengan baik, maka perlu dibangun sebuah sistem terkomputerisasi, yaitu sistem informasi pengelolaan arsip inaktif digital. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis, merancang, membangun dan menguji sistem informasi pengelolaan arsip inaktif digital berbasis web pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur sebagai landasan teori dari data penelitian sebelumnya dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen. Metode pengembangan sistem yang digunakan diadopsi dari System Development Life Cycle (SDLC) dengan metode waterfall. Pengujian aplikasi dilakukan dengan metode black box testing, yaitu menguji kesesuaian fungsional aplikasi dengan analisis dan perancangan. Aplikasi dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel dan database MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi web untuk pengelolaan arsip inaktif secara digital yang dapat mengatasi permasalahan dalam pengelolaan arsip inaktif pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 28 Oct 2019 15:25
Last Modified: 28 Oct 2019 15:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53346

Actions (login required)

View Item View Item