PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum.L) PADA TANAH PASIR PANTAI DENGAN PEMBERIAN TANAH LIAT SEBAGAI PEMBENAH TANAH (AMELIORAN)

Rama, Dina (2019) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum.L) PADA TANAH PASIR PANTAI DENGAN PEMBERIAN TANAH LIAT SEBAGAI PEMBENAH TANAH (AMELIORAN). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover abstrak ok.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (BAB 1)
PENDAHULUAN ok.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN OK.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ok.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SCRIP DIN FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53339

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Lahan pasir pantai merupakan lahan marjinal yang memiliki produktivitas tanah yang rendah. Lahan marjinal mempunyai banyak faktor pembatas. Perbaikan lahan pasir pantai dapat dilakukan dengan penambahan bahan pembenah tanah (amelioran).Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret–Juni 2019 di Rumah Kawat Percobaan Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang yang terletak di ketinggian ±250 m dpl. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan takaran tanah liat yang baik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah pada pasir pantai. Penelitian ini merupakan percobaan lapangan dengan faktor tunggal yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 taraf perlakuan (0 g/polybag, 12,5 g/polybag, 25 g/polybag, 37,5 g/polybag, 50 g/polybag). Data hasil pengamatan terakhir diuji dengan sidik ragam (uji F). Apabila hasil uji F menunjukkan F hitung perlakuan lebih besar dari F tabel 5% maka dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan pemberian tanah liat pada media pasir pantai menghasilkan jumlah umbi yang lebih rendah dibandingkan tanpa pemberian tanh liat. Pemberian tanah liat mulai 10 ton/ha sudah mampu meningkatkan diameter umbi bawang merah dibandingkan tanpa pemberian tanah liat. Kata kunci : bawang merah, pasir pantai,amelioran, tanah liat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 28 Oct 2019 17:32
Last Modified: 28 Oct 2019 17:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53339

Actions (login required)

View Item View Item