ANALISIS POTENSI KARBON TERSIMPAN DI ATAS PERMUKAAN TANAH DI KAWASAN PENGELOLAAN HUTAN BERBASIS MASYARAKAT (PHBM) NAGARI UJUNG GADING, KABUPATEN PASAMAN BARAT

Nurul, Aini (2019) ANALISIS POTENSI KARBON TERSIMPAN DI ATAS PERMUKAAN TANAH DI KAWASAN PENGELOLAAN HUTAN BERBASIS MASYARAKAT (PHBM) NAGARI UJUNG GADING, KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI NURUL AINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hutan mempunyai peran penting dalam menjaga lingkungan yang bersih dari polusi karbon dan dapat menyerap karbon melalui fotosintests. Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) merupakan program Pemerintah dalam upaya melibatkan masyarakat untuk menjaga hutan di kawasan sendiri dari kerusakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dugaan cadangan karbon yang tersimpan di atas permukaan tanah (pohon, tumbuhan bawah, dan serasah) di PHBM Ujung Gading, Pasaman Barat. Pada pohon, cadangan karbon dihitung berdasarkan perhitungan biomassa menggunakan persamaan alometrik (non-destruktif) dengan melibatkan data DBH dan berat jenis pohon sampel. Sedangkan pada tumbuhan bawah dan serasah, pengukuran dilakukan dengan cara destruktif. Biomassa pohon dewasa, tiang, dan pancang adalah 227,021 ton/ha, 5,566 ton/ha, dan 12,205 ton/ha. Biomassa tumbuhan bawah dan serasah adalah 0,544 ton/ha dan 3,414 ton/ha. Nilai dugaan cadangan karbon pada pohon dewasa, tiang, dan pancang adalah 106,701 ton/ha, 2,616 ton/ha, dan 5,737 ton/ha, sedangkan dugaan cadangan karbon pada tumbuhan bawah dan serasah adalah 0,256 ton/ha dan 1,605 ton/ha. Dengan demikian, total nilai dugaan cadangan karbon di daerah tersebut sebesar 116,914 ton/ha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zuhri Syam, MP
Uncontrolled Keywords: Biomassa, Cadangan karbon, DBH, Persamaan alometrik, PHBM
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 28 Oct 2019 15:52
Last Modified: 28 Oct 2019 15:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53321

Actions (login required)

View Item View Item