TREND MAKEUP KOREA PADA BEAUTY VLOGGER SEBAGAI KOMUNIKASI ARTIFAKTUAL BAGI MAHASISWA DI KOTA PADANG

Azalia Mutiara, Fitri (2019) TREND MAKEUP KOREA PADA BEAUTY VLOGGER SEBAGAI KOMUNIKASI ARTIFAKTUAL BAGI MAHASISWA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)

Abstract

ABSTRAK Trend Makeup Korea Pada Beauty Vlogger Sebagai Komunikasi Artifaktual Bagi Mahasiswa Di Kota Padang Oleh : Azalia Mutiara Fitri 1510861002 Pembimbing : Pembimbing 1 Dr. Rahmi Surya Dewi, M. Si Pembimbing 2 Rinaldi, M.I.Kom Trend makeup Korea menjadi salah satu pilihan bagi perempuan dalam menggunakan makeup sehari-hari. Hal itu juga memberikan dampak kepada mahasiswa di Kota Padang. Makeup Korea atau yang dikenal dengan Korean Look lebih mengedepankan kesan youthful dengan tampilan bare skin, pipi merona, eye makeup yang lovely, dan rona bibir dengan warna segar, serta membuat wajah terlihat lebih muda. Makeup bukan hanya sekedar untuk menunjang penampilan. Tapi, melalui makeup seseorang dapat berkomunikasi. Makeup temasuk dalam bentuk komunikasi artifaktual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna menggunakan makeup Korea bagi mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari, dan trend makeup Korea pada beauty vlogger sebagai komunikasi artifaktual bagi mahasiswa di Kota Padang. Makna makeup tersebut dibedah menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai enam orang mahasiswa yang menggunakan makeup Korea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui makeup Korea dapat di lihat proses produksi, distribusi, dan konsumsi budaya Korea. Selain itu, warna yang sering digunakan ketika makeup Korea tergantung pada musim yang ada di negaranya, seperti orange, nude, pink, rose, peach, coral, merah. Setiap warna-warna tersebut memiliki arti bagi penggunanya seperti merasa lebih cantik, bersemangat, lucu, dan lain sebaginya. Tanpa disadari dengan menggunakan makeup Korea dan memanfaatkan media sosial seperti Instagram maupun YouTube dengan bijak, dapat menghasilkan uang atau endorsement. Ketertarikan menggunakan makeup Korea juga didasari oleh menonton tutorial beauty vlogger. Kata kunci: Komunikasi Artifaktual, Semiotika Roland Barthes, Makeup Korea, Mahasiswa, Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Artifaktual, Semiotika Roland Barthes, Makeup Korea, Mahasiswa, Padang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 28 Oct 2019 15:33
Last Modified: 28 Oct 2019 15:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53312

Actions (login required)

View Item View Item