Pengaruh Konsentrasi Gula Dalam Pemekatan Sari Dami Nangka Terhadap Karakteristik Nata De Jackfruit (Artocarpus heterophyllus)

Dina, Audia (2019) Pengaruh Konsentrasi Gula Dalam Pemekatan Sari Dami Nangka Terhadap Karakteristik Nata De Jackfruit (Artocarpus heterophyllus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi gula dalam pemekatan sari dami nangka terhadap karakteristik nata de jackfruit dan mengetahui konsentrasi gula dalam pemekatan sari dami nangka yang terbaik dalam pembuatan nata de jackfruit berdasarkan uji organoleptik. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah total gula sari dami nangka yang berbeda yaitu perlakuan A (kontrol), perlakuan B (7%), perlakuan C (9%), perlakuan D (11%) dan perlakuan E (13%). Data yang diperoleh dianalisa secara statistika dengan menggunakan ANOVA (Analysis of Varience) dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi gula dalam penekatan sari dami nangka berpengaruh terhadap rendemen, ketebalan, berat, dan serat kasar. Perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan C (total gula sari dami nangka 9%) dengan nilai rata-rata rendemen (41%), ketebalan (0,69 cm), berat (225,47 g), kadar serat kasar (7,37%), warna (3,72), rasa (4,00), aroma (3,76) dan tekstur (4,04). Kata kunci : dami nangka, gula, nata de jackfruit, pemekatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 28 Oct 2019 15:42
Last Modified: 28 Oct 2019 15:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53290

Actions (login required)

View Item View Item