Komunikasi Politik Calon Presiden dan Wakil Presiden Dalam Membangun Image di Instagram Menjelang Pemilihan Umum Presiden RI 2019

Ghina, Utami Zufdy (2019) Komunikasi Politik Calon Presiden dan Wakil Presiden Dalam Membangun Image di Instagram Menjelang Pemilihan Umum Presiden RI 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI FULL GHINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Komunikasi politik merupakan proses penyampaian pesan yang terkait dengan aktivitas politik. Menjelang Pemilu Presiden RI 2019, kedua kandidat calon presiden dan wakil presiden telah memanfaatkan Instagram sebagai media berkomunikasi politik dan membangun image politiknya melalui postingan dan berbagai fitur Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan Instagram serta menjelaskan image yang dibangun oleh calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 dan 02 di Instagram menjelang Pemilu Presiden RI 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-naratif. Penelitian difokuskan pada analisis pesan-pesan politik pada akun Instagram milik kedua pasangan kandidat, yaitu akun @jokowi @khmarufamin_ @prabowo dan @sandiuno. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa calon presiden nomor urut 01 melalui akun @jokowi mengoptimalkan postingan setiap hari, menggunakan fitur Instagram stories, dan stories highlights untuk menyebarkan pesan politik yang berisi pencapaiannya selama menjadi Presiden Indonesia. Calon wakil presiden nomor urut 01 melalui akun @khmarufamin_ mengoptimalkan postingan setiap hari, hashtag di setiap postingan, dan fitur Instagram TV untuk menyampaikan janji politiknya. Image yang dibangun oleh calon presiden nomor urut 01 yaitu sebagai sosok yang peduli dengan rakyat, memiliki pencapaian yang baik selama menjadi Presiden Indonesia, sedangkan calon wakil presidennya sebagai sosok yang relijius. Sementara itu, calon presiden nomor urut 02 melalui akun Instagram @prabowo memaksimalkan penggunaan stories highlights dalam menyebarkan pesan politik melalui foto kampanye dan ucapan terima kasih kepada pendukungnya. Calon wakil presiden nomor urut 02 memaksimalkan postingan setiap harinya, penggunaan Instagram TV, dan memberikan feedback kepada pengguna Instagram lain yang memberikan komentar pada postingannya dalam menyampaikan janji-janji politik. Calon presiden nomor urut 02 membangun image sebagai sosok yang nasionalis, sementara calon wakil presidennya sebagai pemimpin dengan yang memahami kebutuhan masyarakat, dan berjiwa muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 28 Oct 2019 12:41
Last Modified: 28 Oct 2019 12:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53269

Actions (login required)

View Item View Item