Kebijakan dan Manajemen Media Online di Sumatera Barat dalam Upaya Menarik Pasar Media (Studi Deskriptif hariansinggalang.co.id, klikpositif.com, dan padek.co)

Putri, Noor Jehan (2019) Kebijakan dan Manajemen Media Online di Sumatera Barat dalam Upaya Menarik Pasar Media (Studi Deskriptif hariansinggalang.co.id, klikpositif.com, dan padek.co). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1(Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5 (Penutup_kesimpulan).pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (Skripsi FUllt)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemunculan era disrupsi dan konglomerasi media yang merambah ke daerah-daerah mengakibatkan para pemilik media independen lokal harus mempunyai strategi yang lebih inovatif untuk mempertahankan bisnis medianya. Pada industri media online di Sumatera Barat, media online yang dimiliki oleh grup media lokal mempunyai tingkat popularitas yang lebih tinggi dibandingkan media online milik grup media nasional. Upaya yang dilakukan oleh pengelola media dalam menarik pasar media, yakni pasar pembaca dan pasar pengiklan serta pemanfaatan sumber daya yang ada dapat dilihat melalui kebijakan-kebijakan dan manajemen pengelolaan media online. Objek dalam penelitian ini adalah media online hariansinggalang.co.id, klikpositif.com, dan padek.co yang memiliki kepemilikan media yang berbeda. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kebijakan dan manajemen media online hariansinggalang.co.id, klikpositif.com, dan padek.co dalam upaya menarik pasar media. Kebijakan dan manajemen media online tersebut dibedah menggunakan teori ekonomi politik media oleh Vincent Mosco melalui konsep komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan paradigma kontrukvitisme. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai enam orang pengelola media online terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada industri media massa di Sumatera Barat, media online yang mempunyai pasar pembaca yang besar cenderung akan lebih dapat menarik pasar pengiklan sehingga media online tersebut dapat lebih kuat. Media online klikpositif.com lebih dapat berkembang karena mereka mempunyai jumlah pembaca yang lebih dapat menarik pasar pengiklan. Manajemen pada media online hariansingalang.co.id, klikpositif.com, dan padek.co hampir sama, terlihat praktek strukturasi yakni sistem yang mempengaruhi individu dalam proses pelaksanaan dibandingkan individu yang mempengaruhi sistem kerja. Prospek media mainstream masih dapat dirasakan apabila pengelola media mempunyai persepsi yang sama bahwa media online bukanlah saingan melainkan pendukung keberadaan media mainstream.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Online, Kebijakan media, Manajemen media
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 28 Oct 2019 12:39
Last Modified: 28 Oct 2019 12:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53248

Actions (login required)

View Item View Item