Pengaruh Pemberian Biochar Tandan Kosong Kelapa Sawit Untuk Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Pada Main Nursery

JELVINA, YUNENGSIH (2019) Pengaruh Pemberian Biochar Tandan Kosong Kelapa Sawit Untuk Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Pada Main Nursery. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (493kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi lambang.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Biochar merupakan bahan pembenah tanah yang telah lama dikenal dalam bidang pertanian yang berguna untuk meningkatkan produktivitas tanah. Bahan utama untuk pembuatan biochar adalah limbah-limbah pertanian dan perkebunan seperti sekam padi, tempurung kelapa, tandan kosong kelapa sawit, serta kayu-kayu yang berasal dari hutan tanaman industri. Penelitian ini telah dilaksanakan di kebun percobaan Universitas Andalas Kampus III Dharmasraya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian biochar tandan kosong kelapa sawit dan mengetahui dosis biochar yang terbaik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pembibitan utama (main nursery). Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dan 5 kali ulangan. Setiap satuan percobaan terdiri dari 2 tanaman, sehingga diperoleh 50 tanaman dengan variabel pengamatan yaitu tinggi tanaman, panjang helaian daun, lebar daun, jumlah daun, dan ratio tajuk akar. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan uji F dan dilanjutkan dengan uji DNMRT pada taraf 5 % . Hasil penelitian menunjukkan bahwa biochar tandan kosong kelapa sawit mengandung N 1,23%, C 13,21%, C/N 10,74, P 1,74%, K 0,57%, pH 10,64 dan perlakuan biochar dengan takaran 100 gram/polybag merupakan perlakuan terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun, dan lebar daun bibit kelapa sawit di main nursery. Kata kunci: Biochar, Kelapa sawit, Main Nursery, Tandan Kosong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 28 Oct 2019 11:52
Last Modified: 28 Oct 2019 11:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53235

Actions (login required)

View Item View Item