PEMENUHAN HAK ANAK ATAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTO BARU KAMBANG KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK

Intan, Laila Fitri (2019) PEMENUHAN HAK ANAK ATAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTO BARU KAMBANG KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER skripsi-dikonversi.pdf

Download (88kB)
[img] Text (bab I pendahuluan)
BAB I intan-dikonversi.pdf

Download (167kB)
[img] Text (bab IV Penutup)
BAB IV akhir-dikonversi.pdf

Download (113kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (97kB)
[img] Text (skripsi full)
skripsi full-dikonversi (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menegaskan bahwa pertanggung jawab orang tua keluarga, masyarakat, pemerintah, dan negara merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terus menerus demi terlindunya hak setiap anak, terutama dibidang kesehatan, untuk itu perlu adanya upaya kesehatan masyarakat demi memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan dengan sasaran keluarga kelompok dan masyarakat. Dalam pelaksanaan pemenuhan kesehatan ini pemerintah telah menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Puskesmas merupakan unit pelayanan kesehatan tingkat pertama, sehingga mempunyai peran penting dalam sistem kesehatan nasional, untuk itu kebutuhan akan alat dan fasilitas terhadap puskesmas perlu dilengkapi seperti Puskesmas Koto Baru Kambang yang masih memerlukan fasilitas seperti ruang rawat inap yang belum ada, serta beberapa perlengkapan medis yang kurang memadai. Berdasarkan uraian diatas, dalam tulisan ini merumuskan permasalahan sebagai berikut: 1). Bagaimana pelaksanaan pemenuhan hak kesehatan anak di Puskesmas Koto Baru Kambang Pesisir Selatan?, 2). Apa saja kendala dialami dalam pelaksanaan pemenuhan kesehatan anak di Puskesmas Koto Baru Kambang Pesisir Selatan?, 3) Bagaimana solusi atas kendala yang dialami dalam pelaksanaan pemenuhan kesehatan anak di Puskesmas Koto Baru Kambang Pesisir Selatan?, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Yuridis-sosiologis yaitu pendekatan dengan melihat suatu kenyataan hukum dalam masyarakat, penelitian ini mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berhubungan tentang pemenuhan HAM terhadap hak anak atas kesehatan di Koto Baru Kambang Pesisir Selatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). Pelaksanaan kesehatan di Puskesmas Koto Baru Kambang khususnya untuk anak dilakukan sebulan sekali dan dibantu oleh kader-kader masyarakat yang telah ditentukan dan didampingi oleh bidan desa. 2). Kendala yang dialami masyarakat belum menyadari dan mendukung program yang ada di Puskesmas Koto Baru Kambang seperti sosialisasi pertumbuhan kembang anak. 3) solusi yang diberikan Puskesmas Koto Baru Kambang adalah dengan memberikan penyuluhan ke desa-desa agar meningkatkan kesadaran masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: H.Ilhamdi taufik,S.H,M.H
Uncontrolled Keywords: Pemenuhan Hak anak,Kesehatan anak,Puskesmas koto baru kambang
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 28 Oct 2019 10:48
Last Modified: 28 Oct 2019 10:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53213

Actions (login required)

View Item View Item