Hubungan Kunjungan Posyandu Terintegrasi PAUD dengan Status Gizi dan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Balita Usia 4-5 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas PAUH Kota Padang Tahun 2019

Satra, Yunola (2019) Hubungan Kunjungan Posyandu Terintegrasi PAUD dengan Status Gizi dan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Balita Usia 4-5 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas PAUH Kota Padang Tahun 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
abstrak cover dan.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (63kB)
[img] Text (Bab 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Posyandu terintegrasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan penyelenggaraan integrasi layanan sosial dasar di posyandu, salah satunya adalah pembinaan gizi dan kesehatan ibu anak serta pos PAUD. Posyandu yang melaksanakan program pengembangan tambahan, meliputi perkembangan kognitif, bahasa, fisik, sosial dan emosional anak yang dapat dipantau salah satunya pada integrasi Posyandu PAUD, namun pelaksanaannya belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kunjungan posyandu terintegrasi PAUD dengan status gizi dan kemampuan berbahasa pada anak balita usia 4-5 tahun. Desain Penelitian yaitu crossectional terhadap 73 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi langsung pada anak menggunakan lembar pedoman perkembangan bahasa anak di Posyandu terintegrasi PAUD pada bulan Maret sampai September 2019 dengan metode simple random sampling menggunakan Uji Chi-Square. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa lebih dari separoh kunjungan posyandu terintegrasi PAUD tidak aktif (60,2%), sebagian besar status gizi lebih (68,5%), lebih dari separoh kemampuan berbahasa anak kurang baik (60,2%). Hasil uji statistik menggunakan Chi-Square terdapat hubungan kunjungan posyandu terintegrasi PAUD dengan status gizi (ρ<0,05) dan kemampuan berbahasa (ρ<0,05) anak balita usia 4-5 tahun. Dapat disimpulkan bahwa kunjungan posyandu terintegrasi PAUD penting dihadiri oleh ibu untuk memantau status gizi dan kemampuan berbahasa anak Kata Kunci : Posyandu Terintegrasi PAUD, Status Gizi, Kemampuan Berbahasa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 28 Oct 2019 15:23
Last Modified: 28 Oct 2019 15:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53195

Actions (login required)

View Item View Item