Pengaruh Dosis Inokulum Dan Lama Fermentasi Bulu Ayam Menggunakan Bacillus Amyloliquefaciens Terhadap Populasi Bacillus Amyloliquefaciens, pH dan Aktivitas Enzim Keratinase

Bemi, Tiyasna (2019) Pengaruh Dosis Inokulum Dan Lama Fermentasi Bulu Ayam Menggunakan Bacillus Amyloliquefaciens Terhadap Populasi Bacillus Amyloliquefaciens, pH dan Aktivitas Enzim Keratinase. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (bab akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (tugas akhir ilmiah utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis inokulum dan lama fermentasi bulu ayam dengan menggunakan Bacillus amyloliquefaciens terhadap populasi Bacillus amyloliquefaciens, pH dan aktivitas enzim keratinase dari produk tepung bulu ayam fermentasi. Penelitian ini menggunakan bulu ayam yang dijadikan tepung lalu difermentasi dengan inokulum Waretha. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap Pola Faktorial 3x3 dengan 3 kali ulangan. Faktor A (dosis inokulum) yaitu A1 4%, A2 6%, dan A3 8% , sedangkan faktor B (lama fermentasi) yaitu 5 hari, 7 hari, dan 9 hari. Peubah yang diukur adalah populasi Bacillus amyloliquefaciens, pH dan aktivitas enzim keratinase. Berdasarkan hasil anilisis keragaman menunjukkan bahwa penggunaan tepung bulu ayam fermentasi dapat memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap populasi Bacillus amyloliquefaciens, pH dan aktivitas enzim keratinase. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh dosis inokulum dan lama fermentasi bulu ayam dengan Bacillus amyloliquefaciens dapat meningkatkan populasi Bacillus amyloliquefaciens dan pH , namun menurunkan aktivitas enzim keratinase. Perlakuan terbaik diperoleh dari kombinasi dosis 6% dengan lama fermentasi 7 hari dengan populasi Bacillus amyloliquefaciens 4,8 x1021 CFU/gram, pH 5,60 dan aktivitas enzim yaitu 234.22 U/ml. Kata Kunci: Tepung bulu ayam fermentasi, Waretha, populasi Bacillus amyloliquefaciens, pH, aktivitas enzim keratinase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 28 Oct 2019 15:33
Last Modified: 28 Oct 2019 15:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53171

Actions (login required)

View Item View Item