IDENTIFIKASI KRITERIA PEMILIHAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD IT) KOTA PADANG MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Puti, Afra Zenri Utami (2019) IDENTIFIKASI KRITERIA PEMILIHAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD IT) KOTA PADANG MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (BAB 1)
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (BAB 6)
13. BAB VI.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (Fulltext)
TA PUTI AFRA ZENRI 1510931029.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang. Pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan, khusunya pada Sekolah Dasar (SD). Peran orangtua sangat penting dalam memilih pendidikan bagi anak-anaknya, apalagi saat ini perkembangan teknologi informasi yang memiliki dampak bagi tumbuh kembang anak menyebabkan orangtua harus tepat menentukan pendidikan untuk masa depan anak-anaknya. Salah satunya adalah dengan menyekolahkan anak di SD Islam Terpadu, hal ini disebabkan karena orangtua ingin menanamkan pendidikan agama sejak dini terhadap anak-anaknya. Terdapat 2.418 unit SD IT yang tersebar di seluruh Indonesia, dan untuk kota Padang terdapat 13 SD IT yang menjadi pilihan bagi orangtua yang akan menyekolahkan anaknya. Terdapat beberapa faktor yang akan dijadikan acuan bagi orangtua dalam memilih sekolah bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, berdasarkan banyaknya SD IT yang ada di kota Padang, maka pada penelitian kali ini akan membantu orangtua yang akan menyekolahkan anaknya dalam memilih SD IT berdasarkan kriteria yang sesuai dengan SD IT tersebut. Penelitian kali ini akan membantu orangtua dalam hal pengurutan prioritas pemilihan SD IT dalam hal pemilihan SD IT yang tepat dan sesuai berdasarkan kriteria yang diinginkan orangtua menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan dibantu dengan software expert choice. Prioritas kriteria pemilihan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) yang ada di kota Padang berdasarkan metode AHP adalah kriteria pendidikan dengan bobot 0.4235, kriteria lingkungan sekolah dengan bobot 0.2628, kriteria fasilitas sekolah dengan bobot 0.1891, dan kriteria biaya sekolah dengan bobot 0.1247. Prioritas alternatif yang didapatkan berdasarkan kriteria yang diinginkan oleh orangtua adalah yang memiliki nilai bobot yang paling tinggi berdasarkan ke empat kriteria pemilihan SD IT. Berdasarkan kuesioner yang telah dijalankan tidak terdapat pengaruh antara karakteristik responden berdasarkan usia, pekerjaan, dan pendidikan terakhir terhadap kriteria yang digunakan dalam pemilihan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) yang ada di Kota Padang. Kata Kunci : Analytical Hierarchy Process (AHP), pendidikan, SD IT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: PRIMA FITHRI, M.T
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 28 Oct 2019 11:21
Last Modified: 28 Oct 2019 11:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53133

Actions (login required)

View Item View Item