ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK SUSU SEGAR PETERNAKAN RAKYAT STUDI PADA KELOMPOK TANI PERMATA IBU KELURAHAN GANTING, PADANG PANJANG TIMUR

FERI, HARFIYAN PRADANA (2019) ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK SUSU SEGAR PETERNAKAN RAKYAT STUDI PADA KELOMPOK TANI PERMATA IBU KELURAHAN GANTING, PADANG PANJANG TIMUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Dalam sebuah usaha peternakan sapi perah terdapat suatu manajemen rantai pasok yang di dalamnya terdapat mata rantai atau lembaga pemasaran, kegiatan yang dilakukan dapat berupa penyaluran barang, pengolahan barang maupun pengaturan-pengaturan lainnya baik itu pengaturan harga dan komunikasi. Pengukuran kinerja rantai pasok penting dilakukan untuk mengetahui kinerja manajemen rantai pasok, mengevaluasi masalah, hingga memberikan solusi dari permasalahan yang ada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan kinerja rantai pasok susu segar peternakan rakyat Permata Ibu di Kota Padangpanjang dalam mendistribusikan susu segar sampai kepada konsumen. Penelitian berlangsung pada tanggal 10 april sampai dengan 8 mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dengan pemilihan sampel dilakukan secara sengaja (purpusive). Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data skunder. Data primer langsung diperoleh dari wawancara, observasi, dan pengisian kuisioner dan data skunder diperoleh dari literatur dan lainya yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian ini di mulai dengan mengidentifikasi untuk melihat kondisi rantai pasok Permata Ibu mengikuti kerangka proses Food Supply Chain Network (FSCN). Selanjutya pengukuran kinerja rantai pasok dengan metode SCOR AHP. Berdasarkan hasil penelitian dengan kerangka FSCN terdapat kondisi deskriptif dari struktur rantai pasok, manajemen rantai pasok, sumber daya rantai pasok, proses bisnis rantai pasok, sasaran rantai pasok,dan kinerja rantai pasok. Nilai kinerja rantai pasok di Permata ibu sebesar 81,7%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai kinerja rantai pasok susu segar kelompok tani ternak Permata Ibu berada pada kriteria sedang (average) berdasarkan nilai standar kinerja. Kata kunci : Kinerja, Permata Ibu, Rantai Pasok, Sapi perah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.NurhayatiS.Pt.,M.M
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 28 Oct 2019 15:59
Last Modified: 28 Oct 2019 15:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53125

Actions (login required)

View Item View Item