ANHARI, SYAHPUTRA (2019) MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) YPPM SUBULUSSALAM DI NAGARI LUBU PANDAN KECAMATAN 2X11 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 1991-2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
S1-2019-1310711020-MADRASAH TSANAWIYAH YPPM SUBULUSSALAM.pdf - Published Version Download (285kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
S1-2019-1310711020-BAB 1.pdf - Published Version Download (333kB) |
|
Text (Kesimpulan)
S1-2019-1310711020-Kesimpulan.pdf - Published Version Download (128kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
S1-2019-1310711020-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (267kB) |
|
Text (Text Full)
S1-2019-1310711020-skripsi utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Madrasah Tsanawiyah (MTs) YPPM Subulussalam di Nagari Lubuak Pandan Kecamatan 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman Tahun 1991-2017”, menjelaskan perkembangan Madrasah Tsanawiyah (MTs) YPPM Subulussalam di Nagari Lubuak Pandan Kecamatan 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman Tahun 1991-2017. Yayasan Pondok Pesantren Modern Subulussalam dibentuk pada tahun 1991 yang manaungi lembaga pendidikan yaitu tingkat MTs atau SMP sederajat. Penulisan ini menggunakan metode sejarah melalui beberapa tahap. Pertama heuristik yaitu pengumpulan sumber, sumber didapat melalui dua cara yaitu studi kepustakaan dan melalui wawancara. Kedua kritik, baik kritik eksteren maupun interen. Ketiga, interpretasi dan historiografi atau penulisan. Keempat tahap ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan tahap demi tahap. Pertama, melaksanakan tahap heuristik yaitu mengumpulkan sumber data yang akan diteliti, dalam pengumpulan sumber berupa arsip-arsip Yayasan Pondok Pesantren Modern Subulussalam yaitu berupa dokumen, foto, berita dan artikel yang membahas tentang Yayasan Pondok Pesantren Modern Subulussalam. Sumber lisan adalah berupa wawancara dengan pihak yayasan dan beberapa staf pengajar dan alumni. Setelah tahap ini dilalui maka tahap selanjutnya sumber data dikritik kemudian diinterpretasikan lalu disusun menjadi sebuah penulisan sejarah. Keberadaan Yayasan Pondok Pesantren Modren Subulussalam, didasari dengan berdirinya sebuah sekolah swasta yang benama MIS Lubuk Pandan yang berdiri pada tahun 1965 dengan segi bangunan yang terdiri dari satu masjid, satu asrama dan satu untuk kegiatan sekolah. MIS ini adalah kependekan dari Madrasah Ibisida’iyah Swasta. Salah satu pendiri MIS Lubuk Pandan bernama Fauril Umar Labai Majolelo sekaligus sebagai guru pendamping. Dengan menerapkan system boarding school, dimana santri berdomisili di asrama, maka diharapkan semakin mempermudah dalam melaksanakan pendidikan secara penuh. Sukarta Fuaddin yang diiringi oleh Fauril Umar Labai Majolelo bertemu dengan beberapa orang Pihak Nagari Lubuk Pandan. Pendirian Pondok Pesantren Modern Subulussalam ini juga diikut sertai oleh beberapa pihak Nagari Lubuk Pandan yang bernama Ali Umar (Alm), Yahya (Alm), Ardiati Zainal, Munir Jalal (Alm), Mawardi Muchtar. Sesuai dengan misi dan visi Pondok Pesantren Modern Subulussalam, pondok pesantren ini dijadikan sebagai lembaga yang bermutu dan menghasilkan generasi berkualitas Islami, cerdas, dan terampil, memiliki akhlak yang mulia, mandiri dan berprestasi, dengan ditunjang oleh tenaga pendidik yang bekompeten dibidangnnya. Dalam hal pendidikan tentu tugas dari tenaga pendidik sangat lah kuat, sehingga dapat membina santri menjadi santri yang memiliki pola pikir dan sikap yang Islami dan pendidik juga mampu melahirkan para peserta didik yang unggul dari segi ibadah, ilmu pengetahuan dan keterampilan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Mhd. Nur, M.S. |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah |
Depositing User: | S1 Ilmu Sejarah |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 09:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 09:44 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53038 |
Actions (login required)
View Item |