Hubungan Laju Alir dan Viskositas Saliva Dengan Tingkat Kecekatan Gigi Tiruan Penuh Pada Pasien Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas

Sevty, Agustin (2019) Hubungan Laju Alir dan Viskositas Saliva Dengan Tingkat Kecekatan Gigi Tiruan Penuh Pada Pasien Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu masalah pemakaian gigi tiruan penuh yang menjadi keluhan utama pasien adalah gigi tiruan yang terasa longgar yang disebabkan oleh kurangnya kecekatan gigi tiruan penuh. Pada pemakaian gigi tiruan penuh, saliva berperan penting terhadap kecekatan gigi tiruan. Basis gigi tiruan yang beradaptasi rapat dengan jaringan pendukung dan adanya border seal yang adekuat akan memberikan fungsi kecekatan gigi tiruan yang optimal. Hal ini dapat dicapai apabila didukung oleh volume, aliran, dan konsistensi saliva yang adekuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan laju alir dan viskositas saliva dengan tingkat kecekatan gigi tiruan penuh pada pasien Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 30 pasien gigi tiruan penuh di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Pemilihan sampel menggunakan teknik consecutive sampling. Pengumpulan data menggunakan rekam medik, penilaian viskositas saliva, pengukuran laju alir saliva, dan pemeriksaan tingkat kecekatan gigi tiruan penuh sampel. Analisis data menggunakan uji analisis Mann Whitney dengan p< 0,05. Terdapat hubungan yang bermakna antara laju alir saliva dengan tingkat kecekatan gigi tiruan penuh rahang atas (p= 0,002) dan terdapat hubungan yang bermakna antara viskositas saliva dengan tingkat kecekatan gigi tiruan penuh rahang atas (p= 0,002). Tidak terdapat hubungan antara laju alir saliva dengan tingkat kecekatan gigi tiruan penuh rahang bawah (p= 0,101) dan tidak terdapat hubungan antara viskositas saliva dengan tingkat kecekatan gigi tiruan penuh rahang bawah (p= 0,223). Kesimpulan penelitian ini adalah laju alir dan viskositas saliva berpengaruh terhadap kecekatan gigi tiruan penuh rahang atas namun tidak berpengaruh terhadap kecekatan gigi tiruan penuh rahang bawah. Kata kunci: gigi tiruan penuh, laju alir saliva, retensi, viskositas saliva.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Eni Rahmi, Sp. Pros
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 28 Oct 2019 10:06
Last Modified: 28 Oct 2019 10:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52993

Actions (login required)

View Item View Item