FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI KELUARGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN LIMBUKAN,PAYAKUMBUH SELATAN TAHUN 2018

Elrisa Thiwa, Nadella (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI KELUARGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN LIMBUKAN,PAYAKUMBUH SELATAN TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertambahan jumlah penduduk menyebabkan pertambahan timbulan sampah. Pengelolaan sampah yang tidak baik dapat menurunkan kualitas kesehatan lingkungan. Berdasarkan studi pendahuluan, 57,1% masyarakat Limbukan tidak mengelola sampah dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan dukungan tokoh masyarakat terhadap partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Limbukan, Payakumbuh Selatan tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2018. Populasi penelitian adalah rumah tangga yang berada di kelurahan Limbukan dengan sampel sebanyak 90 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling. Pengumpulan data melalui wawacara dengan kuisioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Chi-Square dengan derajat kepercayaan 95% (α = 0,05).Hasil penelitian menunjukkan bahwa 48,9% masyarakat berpartisipasi rendah, 54,4% masyarakat memiliki tingkat pengetahuan yang rendah, 28,9% masyarakat menunjukkan sikap yang negatif, 53,3% masyarakat berpersepsi negatif terhadap dukungan tokoh masyarakat. Nilai p < 0,05 pada analisis bivariat pada masing-masing variabel. Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan, sikap, dukungan tokoh masyarakat dengan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah. Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan, sikap, dan dukungan tokoh masyarakat dengan partisipasi masyarakat. Diharapkan kepada pemerintah agar dapat memberdayakan masyarakat dan membangun sumber daya manusia yang kuat, serta bagi masyarakat agar lebih proaktif dalam memberikan partisipasi untuk mengelola sampah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nizwardi Azkha, SKM, MPPM, M.Pd, M.Si
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 26 Oct 2019 11:58
Last Modified: 26 Oct 2019 11:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52971

Actions (login required)

View Item View Item