EKSPLORASI DAN KARAKTERISASI MORFOLOGI TANAMAN JENGKOL (Pithecellobium jiringa (Jack)) DI KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT

Velika, Rinestin S (2019) EKSPLORASI DAN KARAKTERISASI MORFOLOGI TANAMAN JENGKOL (Pithecellobium jiringa (Jack)) DI KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
K. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN FIKS-converted.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tanaman jengkol (Pithecellobium jiringa (Jack)) merupakan tanaman tahunan yang memiliki prospek ekonomi dan kandungan gizi yang tinggi, namun belum menjadi perhatian pihak-pihak terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengkarakterisasi secara morfologi tanaman jengkol, serta mendapatkan informasi awal tentang keragaman karakter morfologi tanaman jengkol di Kabupaten Solok Sumatera Barat sebagai langkah awal pelestarian plasma nutfah tanaman jengkol. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kecamatan X Koto Singkarak, Kecamatan X Koto Diatas, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kecamatan Kubung, dan Kecamatan Bukit Sundi pada bulan September sampai bulan Desember 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Pengambilan sampel tanaman jengkol menggunakan metode purposive sampling. Data hasil pengamatan secara morfologi dianalisis secara deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel. Analisis keragaman dilakukan menggunakan program NTSYSpc 2.02i. Berdasarkan karakterisasi morfologi tanaman ditemukan; 1) karakter buah yang berukuran kecil, agak besar, dan besar, 2) karakter tajuk berbentuk pyramidal, oblong, spherical, semi-circular, ellpitica, dan irregular, 3) karakter tipe percabangan berbentuk erect, intermediate, dan spreading, 4) karakter bentuk helaian daun berbentuk obovate-lanceolat, oblong, linear-oblong, elliptic, ovate. Data tahap awal memperlihatkan keragaman fenotipik yang luas pada karakter panjang helaian daun, sudut tangkai daun, jumlah buah per tandan, berat buah per tandan, dan berat satu biji. Analisis kemiripan dari 54 sampel mendapatkan 52 aksesi tanaman jengkol memiliki rentang 25% sampai 90% dengan koefisien keragaman pada nilai kemiripan 25% yang menunjukkan bahwa keragaman karakter tersebut beragam. Kata kunci: Tanaman jengkol, Eksplorasi, Karakterisasi, Morfologi, Keragaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aprizal Zainal, Msi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 26 Oct 2019 15:28
Last Modified: 26 Oct 2019 15:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52967

Actions (login required)

View Item View Item