RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) TERHADAP PEMBERIAN ABU SEMEN SEBAGAI PEMBENAH TANAH PADA MEDIA PASIR PANTAI

Isadora, Azaria (2019) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) TERHADAP PEMBERIAN ABU SEMEN SEBAGAI PEMBENAH TANAH PADA MEDIA PASIR PANTAI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI_Aza.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bawang merah varietas Bima Brebes termasuk tanaman hortikultura yang diperbanyak dengan umbi.Percobaan ini telah dilakukan di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas dari bulan Februari sampai April 2019. Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan limbah abu semen sebagai pembenah tanah di media pasir pantai serta mengetahui dosis limbah abu semen yang sesuai di media pasir pantai terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. Percobaan ini dilaksanakan dengan metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 taraf dan 4 ulangan maka didapatkan 20 satuan percobaan dengan 4 tanaman total ada 80 tanaman. Pemberian limbah abu semen dengan dosis 0 ton/ha, 10 ton/ha, 20 ton/ha, 30 ton/ha, dan 40 ton/ha. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan uji F pada taraf 5%. Apabila F hitung lebih besar dari F tabel maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan limbah abu semen sebanyak 30 ton/ha setara dengan 150 g/polybag sudah mampu dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah pada tanah pasir pantai. Kata kunci : bawang merah, limbah abu semen, tanah pasir pantai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Nasrez Akhir, MS
Uncontrolled Keywords: bawang merah, limbah abu semen, tanah pasir pantai.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 26 Oct 2019 10:43
Last Modified: 26 Oct 2019 10:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52874

Actions (login required)

View Item View Item